Hari Pertama Pelaksanaan UNBK di Sekadau Sempat Terkendala Listrik Padam

KalbarOnline, Sekadau – Hari pertama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK di Sekadau sempat mengalami kendala yakni pemadaman listrik.

Hari Pertama Pelaksanaan UNBK di Sekadau Sempat Terkendala Listrik Padam 1

Diketahui pelaksanaan UNBK tingkat SMK dilaksanakan 25-28 Maret mendatang. Padamnya listrik tersebut juga sempat terjadi dalam pelaksanaan UNBK di SMK Amaliyah Sekadau.

Proktor UNBK di SMK Amaliyah Sekadau, Ricky Yuhandra menuturkan bahwa di hari pertama pelaksanaan UNBK kendala yang dihadapi, yaitu padamnya listrik. Sedangkan, untuk server pusat tidak ditemukan adanya kendala.

“Waktu simulasi sempat ada kendala server pusat, tapi kalau simulasi tidak masalah. Kalau UNBK sempat satu jam terkendala karena PLN (listrik padam, red),” ujarnya, Senin (25/3/2019).

Ricky mengatakan, di tingkat kabupaten kendala yang paling sering dihadapi dari tahun ke tahun adalah listrik. Pihaknya, kata dia, berupaya menyiapkan genset. Lantaran keterbatasan keuangan sekolah hal itu belum bisa dimaksimalkan. Sedangkan, secara teknis bila masalah dari pusat hal itu terjadi secara global.

“Kami sudah berkoordinasi dengan provinsi dan provinsi sudah menyurati PLN di setiap kabupaten untuk hari-hari pelaksanaan UNBK tidak dilakukan pemadaman listrik. Tentu kami berharap pihak terkait khususnya PLN tidak memadamkan listrik,” ucapnya.

Diketahui, usai pelaksanaan UNBK tingkat SMK, UNBK juga digelar ditingkat SMA. Sepanjang April ujian dilaksanakan mulai dari paket C, dilanjutkan dengan UNBK tingkat SMP. Ricky mengungkapkan, selama April hingga Mei dilanjutkan dengan ujian paket B yang juga berbasis komputer.

“Semua daerah sudah disurvei. Selain kendala listrik, kendala adalah signal khususnya daerah yang tidak ada internet, itu mengandalkan jaringan GSM untuk internetnya. Di beberapa titik setelah hasil simulasi tiga kali, Alhamdulillah bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Namun, kata Ricky, di wilayah tertentu seperti di Sungai Ayak jika listrik padam jaringan GSM ikut drop. Genset pun tidak bisa jalan. Sebab, UNBK bersifat semi online, yang online yaitu server.

Sedangkan, untuk SDM tidak ada kendala. Ricky yang juga head based Kabupaten Sekadau, telah melatih dan memberikan pendampingan selama UNBK berlangsung. Pihaknya, kata dia, langsung turun tangan bila terjadi kendala, diluar dari kendala server pusat.

“Kalau sudah kendala pusat, kami juga tidak bisa apa-apa,” ucapnya.

Sementara Kepala SMK Amaliyah Sekadau, Cecep Supartayuda mengatakan, jadwal mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. Artinya, sehari satu mata pelajaran yang diujikan.

“Untuk siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 295 orang, masing-masing 130 laki-laki dan 165 perempuan,” katanya.

Cecep berharap para siswanya dapat mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga, bisa mengikuti rangkaian pelaksanaan UNBK. Untuk pelaksanaan UNBK tersebut setiap harinya dibagi menjadi tiga sesi.

“Kami berharap, tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan UNBK. Kami juga berharap PLN tidak melakukan pemadaman selama pelaksanaan UNBK,” harapnya.

Sementara Manager PLN Rayon Sekadau, Rumiyo Pujiantoro membenarkan bahwa memang sempat terjadi pemadaman. Hal itu, kata dia, terjadi lantaran adanya gangguan temporer. Sehingga, sempat membuat listrik padam beberapa saat.

Pihak PLN, kata dia, telah berupaya melakukan langkah antisipasi agar tidak terjadi pemadaman. Sehingga, tak hanya saat UNBK saja, tapi di hari lainnya juga tidak ada gangguan yang mengakibatkan listrik padam.

“Kami sudah melakukan pemeliharaan jaringan sebelumnya, pemangkasan pohon, pemeliharaan gardu dan lain-lain. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PLTD terkait daya mampu untuk suplay listriknya. Mohon maaf atas ketidak nyamanannya,” pungkasnya. (D/Mus)

Tinggalkan Komentar