Jembatan Mentukak Ambruk Saat Warga Sedang Nonton Lomba Tangkap Bebek HUT RI

KalbarOnline, Sekadau – Jembatan Gantung Mentukak yang terletak di Dusun Kalak, Desa Mentukak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalbar mendadak ambruk, pada Kamis (17/08/2023) sore. Jembatan gantung itu ambruk saat warga menonton perlombaan menangkap bebek perayaan HUT ke-78 RI.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono melalui Kapolsek Nanga Taman, IPDA Insan Malau mengatakan, bahwa peristiwa itu bermula saat pelaksanaan hiburan rakyat dengan berbagai perlombaan yang digelar RT setempat, salah satunya menangkap bebek di Sungai Teluk Kemarau.

“Beberapa warga menonton dari atas jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Kalak dengan seberang. Beberapa warga sudah mengimbau agar warga yang lain tidak menonton dari atas jembatan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Harap Presiden Bisa Kucurkan Dana di Atas 1 T, Bantu Penanganan Jalan di Kalbar

Kendati jembatan gantung tersebut dinilai sudah tidak mampu menahan beban yang berat, namun beberapa warga tak mendengar imbauan tersebut.

“Sehingga saat pelaksanaan kegiatan tersebut jembatan gantung itu ambruk dan menimpa beberapa warga di bawahnya. Ada 32 korban dengan kondisi mulai dari syok, luka-luka ringan hingga cedera serius,” bebernya.

Korban yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa itu pun langsung dievakuasi ke Puskesmas Nanga Taman untuk mendapat penanganan medis. Beberapa di antaranya dirujuk ke RSUD Sekadau karena mengalami patah tulang.

“Untuk korban jiwa tidak ada,” ujarnya.

Baca Juga :  Jokowi Teken PP Pelaksanaan Kebiri Kimia Terhadap Predator Seks Anak

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Sekadau, IPTU Rahmad Kartono menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap panitia kegiatan tersebut.

“Panitia akan kita lakukan penyidikan dan kita akan melakukan pengecekan terkait konstruksi bangunan jembatan yang dibuat tahun 2014, namun pada tahun 2021/2022 telah direnovasi menggunakan dana APBD,” beber Rahmad.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak pasca robohnya jembatan gantung tersebut hingga menimbulkan korban luka-luka.

“Saat ini kami sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk sumber dana yang pastinya,” tukas Rahmad. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment