by

Abdul Hamid Nahkodai DPD MABM Sekadau 2019-2024, Ini Komitmennya

Musyawarah Daerah IV DPD MABM Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Abdul Hamid resmi menahkodai Dewan Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau periode 2019-2024.

Ditetapkannya Abdul Hamid untuk memimpin MABM Sekadau ini setelah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD MABM Sekadau melalui musyawarah daerah (Musda) IV tahun 2019 yang dilangsungkan di Keraton Kusuma Negara Sekadau, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (26/2/2019).

Diwawancarai usai Musda, Abdul Hamid mengucapkan terima kasih kepada seluruh DPC MABM di Kabupaten Sekadau yang telah memberikan dirinya kepercayaan untuk menahkodai organisasi Melayu di Sekadau.

Untuk itu, dirinya berharap seluruh Ketua DPC MABM se-Kabupaten Sekadau dapat bekerjasama dalam membangun budaya Melayu di Sekadau.

“Saya harap seluruh Ketua DPC MABM se-Kabupaten Sekadau maupun seluruh pengurus DPD yang akan kita susun nantinya dapat bekerjasama dalam rangka memajukan budaya Melayu di Sekadau,” harapnya.

Pasca ditetapkan sebagai  Ketua DPD MABM Sekadau 5 tahun kedepan ini, Abdul Hamid yang akrab disapa Anjang Jono ini turut mengungkap sejumlah hal yang akan segera dilakukannya mulai dari konsolidasi hingga memperbaiki sistem manajemen dalam kepengurusan MABM dengan aturan yang ada.

Setelah itu, dirinya juga akan segera menyusun program-program kerja yang mengacu pada program yang telah disusun melalui Musda IV tersebut.

Abdul Hamid yang juga merupakan Kepala Desa Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau ini juga menegaskan bahwa DPD MABM Sekadau dibawah kepemimpinannya akan bekerjasama dengan semua pihak terutama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau termasuk antar organisasi di Sekadau mulai dari Dewan Adat Dayak (DAD), Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) serta ormas lembaga Islam yang ada di Sekadau.

“Tentu kita akan sangat membuka diri. Kita akan jalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Kemudian dengan antar organisasi di Sekadau seperti DAD, MABT dan ormas dan lembaga Islam di Kabupaten Sekadau,” tukasnya.

“Hal ini semata-mata untuk membangun Kabupaten Sekadau menjadi lebih baik ke depannya. Melalui MABM ini, kita akan menciptakan gagasan-gagasan untuk pembangunan Kabupaten Sekadau kedepan,” timpalnya.

Sementara Ketua Panitia Musda IV DPD MABM Sekadau, H. Zulkifli menuturkan bahwa pemilihan Ketua MABM Sekadau ini mengambil 8 suara dari 7 DPC MABM se-Kabupaten Sekadau dan DPP MABM Kalbar.

“Hasilnya Abdul Hamid memperoleh 8 suara tersebut,” ucap Zulkifli.

Dirinya turut mengungkapkan bahwa sebelumnya ada 3 calon Ketua diantaranya Abdul Hamid, H. Sahar dan Safarudin yang merupakan Dewan Provinsi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Namun, di tengah-tengah pemilihan, Safarudin mengundurkan diri sehingga hanya menyisakan 2 calon,” ungkapnya.

Dirinya turut meyakini bahwa semua peserta yang hadir dalam Musda DPD MABM Sekadau ini semata-mata hanya ingin membuat MABM Sekadau menjadi lebih baik.

“Saya yakin bahwa semua peserta yang hadir dalam Musda bertujuan untuk membuat MABM Kabupaten Sekadau lebih baik. Melalui Musda ini, kita minta agar ada kepengurusan MABM yang baik dan memiliki jiwa pemimpin. Ketua MABM yang terpilih kita minta harus dapat berinteraksi dengan masyarakat atau organisasi sosial lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir, pengurus DPP MABM Kalimantan Barat, Dr. H. Ali Daud, M.Si, Kapolres Sekadau yang diwakili Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar, Kajari Sekadau, Andre Irawan SH., MH, Raja Kusuma Negara, Pangeran Agung Sri Negara II Gusti Muhammad Effendi dan Ketua MUI Sekadau, Kyai Mudhlar. Kemudian Anggota DPRD Kalbar, Anggota DPRD Sekadau, Herman A Bakar, S.Sos, perwakilan MABT Sekadau serta Ketua DPC MABM Kecamatan se-Kabupaten Sekadau, Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat serta tamu undangan lainnya. (Mus)

Comment

News Feed