Gelombang Tinggi, Rusman Ali Minta Penyedia Jasa Transportasi Air Tingkatkan Kewaspadaan

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali meminta masyarakat Kubu Raya yang berada di daerah pesisir tepi pantai dan perairan agar lebih waspada menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim saat ini.

Hal itu disampaikan Rusman Ali menanggapi kejadian air pasang yang sangat tinggi yang terjadi pada Sabtu 29 Desember 2018, di wilayah Pontianak dan sekitarnya akibat angin yang sangat kencang disertai hujan.

“Saya minta agar semua masyarakat kita yang berada di daerah pesisir pantai dan semua yang ada diwilayah perairan agar meningkatkan kewaspadaan. Karena perubahan cuaca dapat berubah dengan sangat cepat. Menghadapi cuaca yang ekstrim saat ini, agar mewaspadai anak-anak bermain di air dan tepian sungai,” imbau Rusman Ali, baru-baru ini.

Rusman Ali mengatakan, masyarakat Kubu Raya sebagian besar berada di daerah perairan dan tepian pantai. Untuk itu, dirinya mengharapkan agar meningkatkan kewaspadaan.

Tidak hanya itu, Rusman Ali juga meminta kepada penyedia jasa transportasi air agar melengkapi perlengkapan standar keselamatan saat berlayar. Hal tersebut menurut Rusman Ali sangat penting untuk keselamatan penumpang di air.

Rusman Ali meminta agar semua penyedia jasa transportasi air melengkapi, pelampung dan keperluan lainnya. Serta memastikan kelayakan berlayar sebelum melakukan perjalanan. Memeriksa kelengkapan dan kesiapan keselamatan.

“Saya juga meminta kepada penyedia jasa transportasi air agar meningkatkan kewaspadaannya juga. Jika gelombang tinggi jangan melakukan pelayaran. Melengkapi alat-alat keselamatan seperti pelampung dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kita bersama,” ujar Rusman Ali.

Orang nomor satu di Kubu Raya ini juga mengharapkan agar para nelayan di Kubu Raya agar meningkatkan kewaspadaan dalam melaut. Ia meminta agar para nelayan Kubu Raya dapat sesegera mungkin mempelajari perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba.

“Masyarakat kita banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Melihat perubahan cuaca yang seperti sekarang ini, harus lebih waspada dan meminta dan mengakses informasi prediksi cuaca dari BMKG,” pinta Rusman Ali.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar BMKG Kalimantan Barat dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat, mengenai perubahan cuaca, prediksi cuaca sehingga masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan.

“Kita juga minta kepada BMKG agar memberikan informasi perubahan cuaca dan informasi prediksi cuaca melalui media TV dan Radio, sehingga dapat dengan cepat diakses oleh masyarakat. Juga melalui media-media online dan cetak. Bagaimnapun, masyarakat kita membutuhkan informasi yang akurat dan terpercaya dengan cepat. Sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar