Bupati Rupinus Resmikan Revitalisasi Tiang Keramat Gurung Urau

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si didampingingi Kepala SKPD, Asisten, staf ahli Bupati dan kepala bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau meresmikan hasil revitalisasi tiang keramat desa adat Dusun Gurung Urau, Desa Lembah Beringin, Kecamatan Nanga Mahap, Sekadau, Sabtu (9/12/2018).

Turut hadir dalam peresmian tersebut, mantan Bupati Sekadau dua periode, Simon Petrus, S.Sos., M.Si.

Untuk menuju ke lokasi peresmian Bupati dan rombongan harus menempuh jarak kurang lebih satu jam perjalan dari Lembah Beringin menggunakan sepeda motor dalam kondisi hujan.

Sesampainya di Gurung Urau, Bupati Rupinus langsung disambut warga dengan mengalungkan bunga dan tarian penyambutan tamu oleh pemuda-pemudi Dusun Gurung Urau, kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan bambu muda atau oleh masyarakat Sekadau disebut pancung buluh muda dan penginjakan tanah dan injak telur.

Baca Juga :  Dukung Program Pemerintah, Polsek Sekadau Hilir Gelar Vaksinasi Tahap ll

Seusai upacara penyambutan, Bupati Rupinus beserta rombongan diarak oleh warga Gurung Urau menuju balai adat dan tiang keramat. Sebelum memasuki balai adat Bupati Rupinus didaulat untuk mengguntingkan pita tanda diresmikannya balai adat dan tiang keramat.

Bupati Rupinus beserta rombongan dan warga Dusun Gurung Urau duduk berdampingan seolah tak ada sekat antara pemimpin dan masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Resmikan Pusat Pengembangan Anak Eben Hezer Balai Sepuak

Dalam sambutannya Bupati Rupinus berpesan agar masyarakat Gurung Urau terus menjaga adat dan tradisi karena tradisi adalah jati diri.

“Saya berharap bangunan yang sudah dibangun ini harus dipelihara agar tidak rusak agar bisa diwariskan ke anak cucu kita nanti,” ucapnya.

Usai acara ramah tamah bersama masyarakat Dusun Gurung Urau, Bupati Rupinus dan rombongan diajak menuju tiang keramat tempat prosesi adat dilaksanakan. Bupati Rupinus diajak mengelilingi sebuah benda yang dianggap oleh masyarakat Gurung Urau keramat sebanyak tiga kali sambil memegang sepotong bambu.

Di penghujung acara, Bupati Rupinus dan rombongan pamitan dengan masyarakat Gurung Urau. (*/Mus)

Comment