Sampaikan Perubahan APBD 2018, Bupati Rusman Ali Minta Segera Diagendakan

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD Kubu Raya tentang APBD Perubahan Anggaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tahun 2018, di ruang pertemuan Kantor DPRD Kubu Raya, Selasa (2/10/2018). Rapat paripurna yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Pj Sekda dan sejumlah anggota DPRD Kubu Raya serta Kepala SKPD.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyampaikan beberapa hal-hal yang berkaitan dengan asumsi dilakukannya perubahan anggaran APBD tahun Anggaran 2018. Rusman Ali menerangkan bahwa perubahan APBD dilakukan didasarkan atas penggunaan saldo anggaran tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan. Sehingga harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Disamping itu, juga perlu dilakukan penyesuaian terhadap asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA). Diantaranya capaian proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah serta sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula ditetapkan dalam KUA.

“Bahwa penyempurnaan, penyesuaian dan penambahan dalam rancangan APBD, pada prinsipnya dapat dilakukan sepanjang tudak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dengan alasan yang rasional dan dapat dipertanggungjawabkan,” Rusman Ali menjelaskan.

Bupati Rusman Ali berharap, pembahasan dapat dilakukan dengan sesegera mungkin. Mengingat waktu yang tersisa sangat singkat untuk melaksanakan semua kegiatan pembangunan dan kegiatan lainnya hingga Desember 2018. Untuk itu, Rusman Ali berharap APBD perubahan Kubu Raya dapat segera disahkan.

Baca Juga :  Bupati Muda Sebut Kecamatan Kubu Sejarah Terbentuknya Kubu Raya

Dijelaskan Rusman Ali bahwa pada dasarnya program dan kegiatan pembangunan yang dialokasikan dalan APBD dapat dilaksanakan sampai dengan berakhirnya tahun anggaran. Mengingat, saat ini Pemerintah sedang dalam tahap implementasi pekerjaan, sehingga diharapkan dapat selesai hingga tahun anggaran 2018 ditutup.

“Kita yakin semua akan selesai hingga akhir tahun anggaran 2018. Saat ini, proses dan kegiatan pembangunan terus berjalan dan kita berharap akan memberi manfaat bagi masyarakat. Dan manfaatnya segera dapat dirasakan oleh masyarakat,” tandas Rusman Ali. (ian)

Comment