Pemkab Kubu Raya Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan didampingi jajarannya menyerahkan langsung bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Kuala Ambawang dan Kuala Mandor B. Bantuan diterima oleh Camat Kuala Mandor B, Yansen Sibarani dan Camat Sungai Ambawang, Satuki di halaman Kantor Camat Sungai Ambawang, Kubu Raya pada Jumat (20/12/2019) kemarin.

Sehari sebelumnya, bantuan juga diterima Camat Satuki dari Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Kubu Raya. Bupati Muda mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan stok cadangan milik Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang akan disalurkan kepada warga terdampak banjir di dua kecamatan.

“Bantuan ini akan kita salurkan untuk enam desa. Lima desa di Ambawang dan satu desa di Kuala Mandor B, dengan total bantuan lebih dari 51 ton beras,” ujarnya.

Baca Juga :  Menuju Satu Data Indonesia, Kominfo KKR Gelar Rakor Pengembangan Data Statistik

Menurut Muda, bantuan yang diserahkan merupakan antisipasi bagi warga terdampak banjir. Sebab adanya musibah membuat warga tak bisa beraktivitas seperti biasa.

“Kondisi ini tentu sangat menyulitkan mereka, terlebih pada dusun yang terkepung oleh genangan,”katanya.

Muda menyebut, bantuan yang diberikan merupakan hak masyarakat yang mendapat musibah. Dirinya berterima kasih kepada Bulog yang cepat merespon permintaan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan menyiapkan cadangan beras.

Selain itu, Bupati Muda turut mengapresiasi pemerintah desa dan para pengurus RT yang sigap menyikapi banjir yang terjadi. Termasuk warga yang tanggap mengatur lalu-lintas selama jalan tergenang air.

“Saya mengapresiasi dan bangga terhadap warga yang bersedia selama 24 jam secara bergantian mengatur lalu lintas pada jalan yang tergenang. Karena memang sangat berbahaya jika ada yang tergelincir atau kecelakaan karena jalan yang tergenang itu,” jelasnya.

Baca Juga :  Muncul Klaster Pelayat dan Tahlilan di Kubu Raya, Sembilan Positif dan Satu Meninggal

Lebih jauh Muda mengatakan, ke depan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan meningkatkan upaya antisipasi. Di antaranya dengan menyiapkan obat-obatan.

“Sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi, karena masih ada pasang surut air. Mudah-mudahan distribusi bantuan ini berlangsung lancar,” harapnya.

Merespon kondisi petani yang mengalami penurunan produktivitas pertanian, Muda menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan berupaya melakukan pemulihan. Di antaranya menyiapkan bibit pertanian.

Dia menambahkan, tak hanya bantuan logistik, pemerintah daerah juga memperhatikan kesehatan warga dengan mengintruksikan Puskesmas Ambawang, Lingga dan Kuala Mandor untuk terus memantau kesehatan warga terdampak banjir di enam desa.

“Terutama anak-anak dan ibu-ibu hamil, karena dampaknya ini jelas sangat membahayakan kesehatan. Kita berharap warga tidak terserang penyakit,” tandasnya. (ian)

Comment