Optimalkan Validasi Data SIPP Polri, Polres Sekadau Laksanakan Asistensi dan Verifikasi

KalbarOnline, Sekadau – Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.IK menerangkan aplikasi New SIPP (Sistem Informasi Personel Polri) merupakan salah satu program SSDM Polri untuk memasukkan data-data seluruh personel Polri bentuk digital ke dalam aplikasi SIPP. Hal ini juga merupakan program Promoter Kapolri yaitu kinerja berbasis IT, untuk memudahkan pengurusan administrasi personel.

“Dengan sistem informasi personel yang efektif maka personel Polri akan dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena segala administrasi pribadinya telah tertangani dengan baik,” kata Kapolres Sekadau saat menghadiri kegiatan Asistensi dan Verifikasi pengisian data SIPP Polri yang diselenggarakan oleh Bag Sumda Polres Sekadau di aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, Senin pagi (10/9/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh setiap verifikator dari masing – masing satker di Polres Sekadau serta Polsek jajaran berjumlah 25 personel.

Sementara Anggota Bag Sumda Polres Sekadau, Brigadir Raka Efendi selaku verifikator II dalam aplikasi Validasi SIPP Polri, memaparkan kembali tentang tata cara pengisian aplikasi.

Ia menjelaskan kembali setiap personel diwajibkan mengisi data pribadi meliputi biodata, riwayat jabatan, alamat, kondisi fisik, nomor identitas, data keluarga, riwayat pendidikan umum dan pendidikan Kepolisian.

Setelah dilakukan pengisian seluruh data, kemudian melalui aplikasi data dikirimkan ke verifikator I dalam hal ini Kaurmintu di setiap satker.

“Namun harus dipastikan terdahulu data tersebut sudah benar dan valid sebelum dikirimkan ke verifikator I,” ucap Brigadir Raka menjelaskan.

Selesai diverifikasi oleh verifikator I, lanjut Brigadir Raka, kemudian verifikator I mengecek dan meneliti kembali apakah data yang dikirimkan sudah benar dan benar valid.

Jika sudah benar lanjut dikirimkan ke verifikator II yaitu Bag Sumda Polres Sekadau. Data kembali diteliti, jika salah data akan dikembalikan kembali ke verifikator I untuk dilakukan perbaikan.

“Selanjutnya jika sudah benar semua data akan dikirimkan ke verifikator III, Polda Kalbar, dan terakhir dikirim ke pusat Mabes Polri. Disinilah peran verifikator sangat penting dan utama,” kata Brigadir Raka.

Diwawancarai ditempat terpisah Kabag Sumda Polres Sekadau AKP K. Purba mengatakan untuk pengisian data validasi SIPP Polri di Polres Sekadau 90 % personel sudah terdaftar. (*/Mus)

Tinggalkan Komentar