Polsek Menjalin Berikan Himbauan dan Kampanye Cegah Karhutla

KalbarOnline, Landak – Musim kemarau yang terjadi di wilayah provinsi kalimantan barat akhir-akhir ini membuat petugas Kepolisian Sektor Menjalin meningkatkan kegiatan patroli untuk menyampaikan himbauan dan berkampanye bersama warga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Selasa (17/7/2018).

Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan ini pihak Polsek Menjalin bersinergitas atau bekerja sama dengan koramil menjalin dalam setiap pelaksanaan tugas dilapangan baik itu patroli hingga mendatangi lokasi titik api.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi menuturkan dalam mencegah karhutla pihaknya menyadari tidak akan mampu bekerja sendiri, kami sangat membutuhkan dukungan dan kerjasama pihak terkait dan seluruh masyarakat agar wilayah kecamatan menjalin bebas dari pantauan titik api melalui deteksi satelit.

“Masyarakat diajak ikut berfoto bersama petugas kampanye bersifat ajakan anti karhutla dan himbauan bahaya karhutla merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam dokumentasi laporan kegiatan, lebih bagusnya lagi ikut membantu mengingatkan keluarga atau warga lainnya untuk tidak membakar hutan dan lahan,” ujar Iptu Teguh.

“Banyak hal negatif yang harus masyarakat ketahui jika membakar hutan dan lahan yaitu merusak ekosistem lingkungan hidup, polusi udara tidak sehat yang dapat menimbulkan penyakit sesak nafas dan mengganggu jarak pandang saat berkendara dan melanggar aturan hukum dengan sanksi pidana penjara dan denda,” imbuhnya.

Kapolsek berharap dengan ditingkatkannya kegiatan patroli menyampaikan himbauan dan kampanye anti karhutla masyarakat lebih sadar dan tidak melakukan kegiatan membakar hutan dan lahan dengan bentuk alasan apapun.

Penulis : Oktavianto

Editor : Fai

Publish : KalbarOnline

Tinggalkan Komentar