Pemprov Kalbar Dukung Peningkatan Kompetensi Petugas Emergency Hadapi Bencana

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson membuka kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas Emergency Medical Team (EMT) Dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan (Health Security), di Aula Bright Hotel Harris Pontianak, Rabu (01/11/2023).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu, Harisson mengatakan, bahwa agenda ini dilaksanakan guna memacu dan meningkatkan kapasitas kompetensi petugas emergency dalam menghadapi suatu bencana.

“Kegiatan ini kita perlukan karena memang Kalimantan Barat termasuk daerah yang rawan bencana. Kalau musim hujan kita bencana banjir, musim kemarau kita kebakaran lahan dan hutan (asapnya) dan banyak lagi sebenarnya bencana lainnya,” ungkap Harisson.

Baca Juga :  Komisi IX DPR: Kasus KDRT dan Pernikahan Dini di Jember Masih Tinggi

Dirinya berharap Petugas Emergency menjadi yang terdepan dalam memberikan perlindungan atau pertolongan kepada masyarakat yang terkena musibah.

“Mudah-mudahan ke depan kita memang benar-benar dapat memberikan pertolongan, bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana. Karena memang negara itu harus hadir dalam setiap kesusahan yang dihadapi oleh masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya Harisson menekankan, jika terjadi suatu bencana, tim kesehatan juga ikut hadir dalam memberikan pertolongan, hanya saja perlu ditingkatkan saat ini.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Pastikan Seleksi Terbuka Jabatan Tak Ada Intervensi Pimpinan

“Sebenarnya saat terjadi bencana, tim-tim kesehatan maupun tim emergency sudah hadir, tinggal bagaimana meningkatkan kapasitas mereka dan kemampuan mereka,” jelasnya.

Agenda ini turut dihadiri perwakilan dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, Rakhmad Ramadhanjaya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Erna Yulianti serta dari dinas kesehatan kabupaten/kota se-Kalbar dan perwakilan 2 (dua) provinsi yakni dari Provinsi Lampung dan Provinsi Papua Selatan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment