Bunda GenRe Kalbar Raih Lima Penghargaan Nasional, Apa Saja?

KalbarOnline, Nasional – Bunda Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari Harisson meraih lima penghargaan tingkat nasional dalam ajang Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujak) GenRe, pada Selasa (31/10/2024) malam.

Penghargaan yang diterima itu diantaranya juara 1 Meaningful Youth Participation (MYP), juara 1 stand Genre Exhibition Terbaik, juara 2 Interniasional Youth Day, juara 3 Edukasi Gizi Terbaik, dan juara 3 Genre Exhibition.

Usai menerima sejumlah penghargaan tersebut, Bunda Windy memberikan apresiasi kepada GenRe yang telah dapat menyebarluaskan program ketahanan remaja khususnya di Provinsi Kalbar.

“Saya sebagai Bunda Genre Provinsi Kalbar mengharapkan kegiatan ini merupakan suatu upaya yang strategis dalam mempromosikan atau menyebarluaskan program ketahanan remaja khususnya generasi berencana,” katanya.

Baca Juga :  Disporapar Kalbar Terima Sertifikasi HAKI dari Kemenkumham untuk Inovasi Mbak Kepo

Dirinya menambahkan, momentum tersebut harus dimanfaatkan bagi upaya pencegahan stunting dari hulu terutama dengan menyasar remaja. Ia menyebut upaya pencegahan stunting pada fase remaja harus terus digencarkan dengan memberikan edukasi kesehatan reproduksi gizi dan penyiapan kehidupan berkeluarga.

“Salah satu upaya yang dilakukan dalam pencegahan penurunan stunting adalah pencegahan stunting dari hulu yang dimulai dari remaja dan calon pengantin atau calon pasangan usia subur,” terangnya.

Bunda Windy mengungkapkan, pada fase remaja, harus dipastikan kecukupan kebutuhan gizi dan tidak buru-buru ingin menikah. Kemudian juga harus dipastikan tidak melakukan perilaku berisiko yang dapat menyebabkan kehamilan di masa muda.

Baca Juga :  110 Atlet PON Kalbar Jalani Vaksinasi Corona

Terlebuh dalam rangka menyambut bonus demografi di 2045 mendatang maka tentu harus dipersiapkan generasi emas khususnya di Kalbar dengan menjaga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya selaku Bunda Genre berharap agar kita  bersama-sama remaja yang ada di Kalbar untuk mengerti dan lebih mengetahui bagaimana untuk menjadikan remaja sebagai generasi emas untuk menyongsong bonus demografi 2045,” ucapnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment