Permudah Koordinasi, BPBD Kalbar Dorong Pembentukan TRC Penanganan Bencana di Kabupaten

KalbarOnline, Pontianak – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat mendorong seluruh kabupaten dan kota di Kalbar untuk membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC), dalam upaya mempermudah koordinasi jika terjadi bencana.

“Yang namanya bencana bukan hanya ditangani BPBD saja. Sehingga perlu kolaborasi untuk menangani bencana di Kalbar. Maka dari itu perlu dibuat TRC, yang tergabung didalamnya perwakilan dari setiap dinas atau badan berkaitan dengan penanganan bencana,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalimantan Barat, Novel Umar, Kamis (22/11/2023).

Baca Juga :  Diduga Ditembak Seniornya, Anggota Polri Asal Melawi Meninggal Dunia

Sebab dikatakannya, sejauh ini masih ada  kabupaten yang belum membentuk TRC. Apabila daerah sudah membentuk TRC, maka selanjutnya akan dilakukan beberapa penekanan terkait koordinasi dan pelatihan siap tanggap bencana di daerah tersebut.

“Petugas TRC ini nantinya juga akan diberikan pelatihan, karena berkaitan dengan gabungan dari berbagai instansi. Jadi kita juga akan melihat di tiap instansi ini apa saja peralatan yang tersedia,” ujarnya.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Terduga Pembakar Hutan dan Lahan di Desa Sungai Bulan Kubu Raya

“Misalnya di dishub ada HT, di (instansi) kelautan ada kapal dan lainnya. Semua instansi dilibatkan dalam TRC. Apabila ada bencana, mereka (instansi terkait) sudah tahu personelnya harus membawa apa dan memang komando TRC ada di BPBD,” katanya.

“Untuk tim yang bergabung dalam TRC juga di-SK-kan oleh gubernur,” pungkas Novel. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment