Potret Kebakaran di Kedamin Hilir, Beberapa Waktu Lalu (Foto: Ishaq)
Potret Kebakaran di Kedamin Hilir, Beberapa Waktu Lalu (Foto: Ishaq)

Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sebuah kebakaran hebat terjadi yang menghanguskan tiga buah rumah milik Maimunah dan Syamsudin serta warga lainnya di Jalan Fadillah, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (3/4) kemarin.

Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik. Sebelum terjadi kebakaran, merupakan waktu pemadam listrik bergilir oleh PLN Putussibau di area Kedamin.

Dengan cepat api melahap tiga buah rumah sehingga tidak banyak barang yang dapat diselamatkan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Kapuas Hulu dan milik Yayasan Pemadam Bhakti Suci Putussibau serta dibantu aparat TNI dan water canon milik Polri serta masyarakat bahu-membahu membantu memadamkan api yang semakin membesar. Dengan kesigapan dan kerja keras dari petugas yang dibantu masyarakat beberapa jam kemudian, api berhasil dijinakan.

Kronologis Kejadian

Berdasarkan data dan informasi sementara yang dihimpun wartawan KalbarOnline di lapangan, kebakaran diduga kuat akibat korsleting listrik. Sebab, awalnya listrik di daerah tersebut mengalami pemadaman bergilir.

Namun setelah lampu hidup sekitar pukul 21.00 WIB langsung menimbulkan percikan api yang berasal dari rumah Maimunah, yang mana saat kejadian rumah Maimunah dalam keadaan kosong.

Tak lama berselang, api tampak semakin membesar dengan cepat sehingga merembet ke rumah Syamsudin dan melahap kedua rumah tersebut.

Melihat kejadian tersebut warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran yang tak lama kemudian tiga unit mobil Damkar dari Sat Pol PP dan Yayasan Pemadam Kebakaran Bhakti Suci Putussibau dibantu satu buah unit mobil water canon milik Polres Kapuas Hulu.

Sekitar satu jam, akhirnya api dapat dipadamkan oleh petugas dan dibantu warga setempat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Untuk jumlah kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Lokasi kebakaran pun sudah dipasang garis polisi guna penyelidikan lebih lanjut. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY