Wabup Kapuas Hulu Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri dan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 Kabupaten Kapuas Hulu, di Aula Grand Banana Putussibau, Selasa (21/09/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh narasumber dari BPS Provinsi Kalbar, Polres Kapuas Hulu, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, seluruh camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan itu, Wabup Wahyudi menyampaikan, kegiatan ini sejalan dengan agenda strategi APBN 2023 yakni dalam rangka penguatan kualitas sumber daya manusia unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan.

“Selaras dengan upaya peningkatan IPM Kalimantan Barat serta akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial,” katanya.

Sehingga kepada Badan Pusat Statistik diamanatkan tugas perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data regsosek, untuk menyempurnakan perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif, subsidi tepat sasaran dan berbasis target penerima manfaat, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Dalam rangka transformasi data menuju registrasi sosial ekonomi, seluruh penduduk, akan dilakukan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat,” katanya.

Sehingga lanjutnya, mulai tahun 2022, BPS sebagai pelaksana pendataan dan pemutakhiran DTKS akan melakukan pendataan registrasi sosial ekonomi dan menetapkan standarisasi kualitas pemutakhiran basis data seluruh penduduk berkelanjutan.

“Mulai dari profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup Wahyudi mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak, utamanya camat, lurah, kepala desa untuk turut berperan aktif mendampingi kegiatan regsosek sampai ke tingkat pemerintah desa.

BACA JUGA:  Gelar Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal di Semitau, Dinkes Harap Dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat

“Sebagai kunci utama kesuksesan dengan mendukung serta mengawal pelaksanaan pendataan yang baik dan akurat, agar mampu memberikan manfaat yang luas bagi pembangunan daerah di Kabupaten Kapuas Hulu,” ucapnya. (Ishaq)

Comment