Wabup Wahyudi Lepas Keberangkatan 137 Orang Jemaah Haji Kapuas Hulu ke Mekkah

KalbarOnline, Putussibau – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat melepas keberangkatan 137 orang jemaah haji Kapuas Hulu untuk menunaikan ibadah ke tanah suci Mekkah. Secara seremonial, pelepasan itu dilaksanakan di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Minggu (28/05/2024).

Dalam sambutannya, Wabup Wahyudi menyampaikan, ibadah haji merupakan rukun Islam ke 5, di mana setiap muslim tentu mendambakannya, karena hal ini merupakan kewajiban sekaligus keistimewaan bagi umat Islam.

“Untuk itu saat atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, turut berbahagia serta mengucapkan selamat atas  berangkatnya calon jemaah haji ke tanah suci,” ujarnya.

Keberangkatan calon jemaah haji tahun ini merupakan hal yang patut kita syukuri. Tahun ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi calon jemaah haji Indonesia, sebagaimana yang ditindaklanjuti dengan Keputusan Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi: Bangun dan Makmurkan Masjid Perintah Allah

“Kita patut bersyukur Kabupaten Kapuas Hulu pada tahun 1445 Hijriah atau tahun 2024 Masehi ini, mendapatkan kuota sebanyak 137 orang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wahyudi turut mengimbau kepada seluruh calon jemaah haji Kapuas Hulu untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik.

“Meski dinilai saat ini telah kondusif, namun tetap waspada, karena kondisi iklim di Arab Saudi berbeda dengan kita di Indonesia pada umumnya,” pesannya.

Mengingat sebagian jemaah haji ada yang usianya sudah lanjut, maka akan sangat bijaksana untuk saling melindungi melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Buka Porseni SD dan SMP Tingkat Kecamatan Putussibau Utara

“Meskipun Bapak serta Ibu telah mendapatkan vaksin dan dinyatakan sehat,” lanjutnya.

Selain dari sisi kesehatan yang mesti dijaga, seperti makan-minum dan istirahat, Wahyudi juga berharap, para jemaah terus memantapkan niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT.

“Demikian pula dengan tolong menolong dan saling menjaga di tanah suci Mekkah, saya berpesan kepada bapak serta ibu dapat memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jemaah sebagai bentuk iman kepada Allah SWT, hendaknya diwujudkan dengan menjalin tali persaudaraan, terutama dengan sesama jemaah dalam rombongan adalah keluarga senasib sepenanggungan dan tidak memprioritaskan individual,” sampai Wahyudi. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment