Komitmen Tangani Stunting, Polres Kapuas Hulu Gelar Kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting

KalbarOnline, Putussibau – Komitmen Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu terus digencarkan melalui kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting.

Setelah melaksanakannya di tingkat kabupaten beberapa waktu lalu, pada Jumat (4/8/2023) kembali dilaksanakan di tingkat Kecamatan Putussibau Selatan, tepatnya di GOR Gunung Lawit Kecamatan Putussibau Selatan, komplek perkantoran kecamatan tersebut.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting yang dimulai pukul 08.00 WIB disambut antusias masyarakat Putussibau Selatan, terutama para orang tua balita dan ibu hamil yang diberikan pelayanan secara gratis.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, para PJU Polres Kapuas Hulu, Perwira Polres Kapuas Hulu, anggota Polres Kapuas Hulu, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Utara, Selatan, Bika dan Kalis.

Hadir pula Ketua Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu, Linda Hendrawan, Wakil Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu, Henny Dahomi Siregar, pengurus Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu dan masyarakat yang mengikuti kegiatan stunting.

Baca Juga :  Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Polres Kapuas Hulu Hadirkan Ustadz Yoyet Rifani

Dalam pelaksanaan Polri Presisi Peduli Stunting, Polres Kapuas Hulu juga menggandeng Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) yang dihadiri oleh Plh Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB, Ade Hermanto, Kabid Pengendalian Penduduk dan KB, Elly Dayati, Koordinator Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan, Rustam Efendi beserta staf.

Selain itu, hadir pula tim kesehatan Puskesmas Putussibau Selatan yang terdiri dari beberapa orang dokter dan tenaga medis yang bekerjasama dengan tim dokter Polres Kapuas Hulu guna memberikan pelayanan kepada warga yang hadir.

Adapun tahapan Pemeriksaan Kesehatan dimulai dari pendaftaran, pelayanan kesehatan, pemeriksaan TB/BB LK (2 Р5 tahun), pencatatan pendataan KMS, pemeriksaan ibu hamil, menyusui,  pengecekan gizi dan pemberian kartu kontrol dan pemberian nutrisi (asupan makanan bergizi).

Sedangkan untuk pemberian makanan bergizi, diantaranya telur ayam rebus sebanyak 700 telur, bubur kacang hijau 230 porsi, bubur ayam 200 porsi, sayur masak dan tahu 230 porsi, nasi bungkus 70 porsi, snack 70 kotak dan bubur SUN 100 kotak.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan menyampaikan, jumlah data yang mengikuti program Polri Peduli Stunting yaitu sebanyak 158 orang.

Baca Juga :  Polres Kapuas Hulu Gelar Apel Pasukan Operasi Ramadniya 2017

“Dengan rincian anak-anak usia 2 – 5 tahun sebanyak 81 orang, kemudian bayi usia 0 – 2 tahun ada 57 orang dan ibu hamil 20 orang,” terangnya.

Kapolres berharap, melalui program Polri Presisi Peduli Stunting tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah stunting, sehingga derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu semakin meningkat.

“Kami tentu terus berupaya agar program Polri Presisi Peduli Stunting ini berjalan maksimal, dalam rangka meningkatkan status gizi masyarakat, guna mencegah terjadinya stunting di Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat sangat mengapresiasi atas terlaksananya program Polri Presisi Peduli Stunting yang diselenggarakan oleh Polres Kapuas Hulu. Wabup berharap kolaborasi Penanggulangan stunting di Kabupaten Kapuas Hulu terus diperkuat, dengan melibatkan lintas sektor. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment