Buka Porseni Kecamatan Putussibau Selatan, Bupati Sis: Terbentuknya Karakter Profil Pelajar Pancasila

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) se-Kecamatan Putussibau Selatan, di Lapangan Sepakbola Lawit Putussibau Selatan, Selasa (23/01/2024).

Bupati Fransiskus Diaan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Porseni merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang tidak hanya mewadahi pengembangan potensi akademis saja, tetapi juga potensi kecerdasan fisik.

“Dan seni dilaksanakan melalui mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta pendidikan seni budaya,” ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis itu juga menyampaikan, pihak sekolah dapat menyelenggarakan ekstrakurikuler khusus untuk peserta didik yang memiliki minat bakat di bidang olahraga dan seni. 

“Kami mendorong agar pengembangan minat dan bakat siswa-siswi dilaksanakan melalui proses yang berkualitas agar sekolah dapat sekolah dapat menjadi taman siswa, rumah kedua serta pusat pengembangan potensi siswa siswi,” katanya.

Baca Juga :  Fransiskus Diaan Sampaikan Pidato Pengantar Raperda Pertanggungjawaban APBD Kapuas Hulu 2021

“Untuk dapat sampai ke kondisi demikian, tentu diperlukan leadership yang kuat dari kepala sekolah, kualitas dan dedikasi dari guru-guru serta partisipasi aktif dan kolaboratif dari Komite sekolah maupun dari pemangku kepentingan lainya,” tambahnya.

Bang Sis berucap, Porseni juga merupakan muara dari upaya pengembangan minat dan bakat peserta didik di bidang olahraga dan seni. Dalam kegiatan Porseni, para pendamping dan peserta tentu berupaya meraih juara, namun tidak kalah penting Porseni juga merupakan kesempatan untuk mengukur tingkat keberhasilan dan kualitas proses pengembangan minat dan bakat peserta didik yang telah dilakukan di sekolah masing-masing.

“Porseni merupakan kegiatan pendidikan, sama seperti kegiatan pendidikan lainya. Dari kegiatan Porseni, juga diharapkan terbentuknya karakter profil pelajar Pancasila. Kami berharap bertanding dan berlomba dengan jujur dan sportif, hindari kecurangan dan tindakan menghalalkan segala cara, raihlah prestasi dengan cara yang benar dan adil,” sampainya.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Hulu Cabut Izin Operasional Delapan Perusahaan Perkebunan Sawit

“Seni budaya bangsa merupakan benteng yang melindungi jati diri bangsa dari gempuran paham-paham dan budaya asing yang semakin deras memasuki ruang-ruang pribadi dan keluarga melalui jaringan internet,” tutup Bupati Sis.

Hadir dalam pembukaan Porseni, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Razali, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Hairudin, Camat Putussibau Selatan, Asmiardi, Kepala Dinasbud Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, Kapolsek Putussibau dan Danramil Putussibau Selatan, Ketua Umum KONI Kapuas Hulu, Anwar Sanusi, kordik, para panitia dan guru serta siswa-siswa se-Kecamatan Putussibau Selatan, para tokoh agama maupun tokoh masyarakat. (Haq) 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment