Dengar Keluhan dan Aspirasi Warga Perbatasan, Kapolda Kalbar Gelar Jum’at Curhat di PLBN Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menggelar kegiatan “Jum’at Curhat” di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (13/01/2023) siang.

Program tersebut digelar dengan tujuan untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat yang tinggal di perbatasan Malaysia – Indonesia di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam lawatan kerjanya ke Kabupaten Kapuas Hulu itu, Kapolda Kalbar turut didampingi oleh jajaran Pejabat Utama Polda Kalbar dan Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Hilman Malaini.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Forkopimcam Badau, Danyon Armed 19, Letkol Arm Edy Yulian Budiargo, para Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat perbatasan.

Suasana kegiatan "Jum'at Curhat" di PLBN Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (13/01/2023) siang. (Foto: Ishaq)
Suasana kegiatan “Jum’at Curhat” di PLBN Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (13/01/2023) siang. (Foto: Ishaq)

Dalam sambutannya, Kapolda Suryanbodo Asmoro mengharapkan, melalui kegiatan Jum’at Curhat ini, ke depan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan permasalahan yang dirasakan.

Baca Juga :  Sinergitas TNI-Polri di Kapuas Hulu Sosialiasikan Edaran Menteri Agama

“Sehingga kedepannya dapat diambil langkah-langkah maupun kebijakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar menyampaikan beberapa hal yang kerap menjadi pertanyaan masyarakat. Seperti, terkait dengan pembatasan pembelian dari luar negeri, yang hal tersebut telah diukur oleh pemerintah berdasarkan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Selain itu, Kapolda Asmoro juga menjelaskan terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Di mana saat ini, kata dia, Pemprov Kalbar telah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan membuka lahan untuk berladang.

“Harus melaporkan kepada kepala desa setempat dan menyediakan alat pemadam secara mandiri,” kata kapolda saat menjawab pertanyaan salah satu warga.

Suasana kegiatan "Jum'at Curhat" di PLBN Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (13/01/2023) siang. (Foto: Ishaq)
Suasana kegiatan “Jum’at Curhat” di PLBN Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (13/01/2023) siang. (Foto: Ishaq)

Pada kesempatan yang sama, ia turut menyampaikan terkait dengan rekrutmen anggota Polri yang juga kerap menjadi pertanyaan banyak pihak. Di mana saat ini, ujarnya, sudah dilakukan penghitungan oleh pemerintah, sehingga perekrutan baik anggota Polri maupun TNI dilihat dari jumlah Polri dan TNI yang telah pensiun maupun yang telah meninggal.

Baca Juga :  Terungkap! Pengiriman 27 Kilo Sabu Asal Malaysia ke Kalbar Ternyata Diorder dari dalam Penjara

“Apabila nantinya putra daerah yang akan menjadi anggota kepolisian maupun TNI, harus benar-benar melatih diri baik Fisik maupun kesehatan,” pesannya.

Kapolda Kalbar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di wilayah perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu, yang mana masyarakatnya sangat akur dan rukun kepada sesama. Ia berharap kondisi ini terus dipertahankan, dan jangan mudah untuk diadu domba oleh pihak-pihak tertentu.

Kegiatan Jum’at Curhat tersebut selesai pada pukul 15.10 WIB. Sebelum mengakhiri silaturahmi, Kapolda Kalbar bersama masyarakat melakukan sesi foto bersama.

“Program Jum’at Curhat ini akan rutin digelar, selain menjalin silaturahmi juga menciptakan kedekatan yang erat antara kepolisian khususnya Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar dan masyarakat,” pungkas Kapolda Kalbar. (Ishaq)

Comment