Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Dibonceng Kepala Desa Nanga Biaban Menuju Desa Sunsong (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Dibonceng Kepala Desa Nanga Biaban Menuju Desa Sunsong (Foto: Mus/Hms)

Kunker Bupati dan Wakil Bupati Sekadau di Sunsong

KalbarOnline, Sekadau – Dalam kunjungan kerjanya di Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu, pada 4 Oktober 2017 lalu, Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si memboyong hampir semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk menyerap langsung aspirasi yang disampaikan oleh warga Sunsong.

Bupati dan Wakil Bupati mendengar langsung aspirasi yang disampaikan oleh warga Desa Sunsong terutama mengenai masalah infrastruktur jalan menuju ke Desa Sunsong, masalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang sampai saat ini belum bisa digunakan, masalah tapal batas, masalah sosial, masalah pendidikan dan masalah jembatan.

Seperti yang disampaikan oleh Kades Sunsong, Aban. Selama ini menurutnya, warga cukup mengeluhkan kondisi jalan dari Nanga Biaban menuju Sunsong. Pasalnya, meski badan jalan sudah dibuka lebar, tapi masih jalan tanah sehingga kalau musim penghujan, jalannya menjadi licin dan sulit untuk dilewati oleh kendaraan roda dua. Masalah lain yang menjadi keluhan masyarakat, menurut Aban yakni masalah jembatan gantung Sungai Menterap.

Menurutnya, apabila jembatan gantung sungai Menterap ini bisa dibangun secara beton permanen, maka sudah bisa dipastikan dapat dilewati oleh kendaraan roda empat.

Menyoal pendidikan, menurut Aban, rata-rata pendidikan yang bisa didapat oleh masyarakat di Desa Sunsong tamat SD, SMP dan SMA.

“Rata-rata pendidikan masyarakat kita disini S3 pak, yaitu SD, SMP dan SMA, yang sajana S-1 belum ada pak,” kelakarnya.

Aban juga menyebutkan bahwa Desa Sunsong memiliki banyak potensi yang bisa digarap oleh masyarakat. Misalnya persawahan, perikanan, perkebunan dan lain sebagainya. Dalam hal potensi alam ini, Aban menyampaikan perlu ada pendampingan dan dukungan dari pemerintah Kabupaten Sekadau.

Terakhir, Aban menyampaikan masalah tapal batas Sekadau dengan Sintang. Menurut Aban masyarakat berkeinginan masalah tapal batas ini bisa diselesaikan secepatnya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan antar warga.

Sementara itu, warga Bungkong, Markus Tinus, menyampaikan masalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang hingga saat ini belum juga nyala. Menurutnya, warga menyambut dengan gembira pembangunan PLTMH di Desa Sunsong.

Bahkan menurut Tinus, warga Sunsong dengan adanya pembangunan PLTMH itu, sangat antusias gotong royong membantu pelaksanaan pembangunan PLTMH itu.

Hanya saja yang menjadi pertanyaan warga menurut Tinus, hingga kini PLTMH itu belum juga nyala.

“Kami berharap masalah PLTMH ini bisa ditangani,” tukasnya.

Sementara Ketua OMK Sunsong menyampikan kondisi isi gereja Katolik. Menurutnya saat ini anak-anak OMK membutuhkan alat musik untuk beribadah.

Mendengarkan aspirasi warga Sunsong, Bupati dan Wakil Bupati Sekadau menyatakan akan mengakomodir aspirasi yang disampaikan oleh warga Sunsong, utamanya jalan, jembatan, tapal batas dan potensi alam yang dimiliki Desa Sunsong. Rupinus juga menyampaikan beberapa program-program pembangunan pemerintah daerah yang saat ini tengah dilaksanakan dan tetap berkelanjutan di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan dialog bersama bersama warga Sunsong satu persatu kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diperkenalkan oleh Bupati Rupinus. Pada kesempatan itu Bupati meminta para kepala SKPD untuk mencatat berkaitan dengan masalah yang disampaikan oleh warga Sunsong.

“Saya dan Pak Wakil Bupati sengaja bawa kepala SKPD berkunjungan ke Sunsong ini.  Kami berkeinginan apa yang disampaikan oleh warga bisa dicatat dan ditindaklanjuti oleh SKPD terkait,” pinta Rupinus.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Bupati dan Wakil Bupati mengikutsertakan Dinas Dukcapil dan Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pelayanan pembuatan KTP, KK dan akte secara gratis kepada warga Sunsong.

Berikut kepala SKPD yang diboyong oleh Bupati dan Wakil Bupati, berkunjung ke Sunsong, antara lain Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Perkimtan, Sekretaris Dewan, Kepala Dinas Dukcapil, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Plt, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Rumah Tangga, Sekretaris Dinas Pekerjaaan Umum, pejabat yang mewakili Kepala Dinas Perindagkop, pejabat yang mewakili Kepala Bapeda, Camat Sekadau Hulu, pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah SKPD lainnya. (Hs/Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY