Ilustrasi Pilkada Serentak 2018 (Foto: Ist)
Ilustrasi Pilkada Serentak 2018 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kubu Raya – Pilkada 2018 tak lama lagi akan berlangsung, tak terkecuali Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Terhitung Kubu Raya telah melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya untuk ketiga kalinya, di 2018.

Seperti diketahui, KPU Kubu Raya juga telah meluncurkan tahapan Pilbup yang dilangsungkan di Hotel Gardenia Resort and SPA, Selasa (31/10) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus dalam sambutannya mengatakan bahwa suksesnya pelaksanaan pilkada untuk 3 kalinya di Kabupaten Kubu Raya memiliki peranan besar dalam melaksanakan pembangunan daerah.

“Untuk itu, kita harapkan tingkat kesadaran masyarakat dalam pesta demokrasi ini bisa terealisasi hingga ke pelosok desa. Supaya partisipasi pemilih semakin meningkat,” ujarnya.

Menurut orang nomor dua di Kubu Raya ini, pelaksanaan pilkada di Kubu Raya juga menjadi indikator sukesnya pelaksanaan pilkada Gubernur Kalbar.

“Sehingga terhadap pihak terkait terutama KPU sebagai ujung tombak dalam menyelenggarakan pemilu mampu mengemban amanat yang diberikan. Mendorong masyarakat bersemangat untuk menggunakan hak pilihnya,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab Kubu Raya juga berupaya memberi support materil dan immateril.

Diantaranya telah dianggarkan dana pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebesar Rp39 Miliar.

“Dengan letak geografis Kubu Raya yang cukup luas, dampaknya terhadap kebutuhan anggaran yang cukup besar pula. Sehingga anggarannya kita harapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” paparnya.

Wabup juga menuturkan dalam pelaksanaan pilkada ada beberapa tahapan.

Dari 8-10 Januari 2018 pendaftaran paslon, masa kampanye sekitar Februari sampai Juni dan memasuki masa tenang hingga pelaksanaan puncak pesta demokrasi tanggal 27.

“Dalam pesta demokrasi ini, Kubu Raya akan semakin dewasa karena sudah melaksanakan pemilu yang ke 3 kalinya. Tahun 2008, 2013 dan tahun ini 2018 periode 2019-2024 untuk bupati Kubu Raya. Pesta demokrasi ini merupakan poin penting dalam membangun daerah,” tandasnya. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY