Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus DPD KNPI Sekadau (Foto: Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus DPD KNPI Sekadau (Foto: Mus)

Pelantikan dan Orientasi Pengurus KNPI Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Sekadau Periode 2016-2019 menggelar kegiatan pelantikan dan orientasi pengurus KNPI Sekadau yang dirangkai dalam acara yang bertemakan “Mewujudkan Pemuda Yang Berintegritas dan Berdaya Saing”, di Gedung Kateketik, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Jum’at (26/5/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si, Pabung 1204/Sanggau, Mayor Inf Budi Sumarjono, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus, S.Sos., MH, Jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Pengurus KNPI Kabupaten Sekadau.

Ketua KNPI Kabupaten Sekadau, Jonveri dalam sambutannya mengatakan bahwa Kader KNPI Sekadau diharapkan proaktif dalam berbagai bidang. Karena akan mendorong sekaligus mensuport pembangunan di Kab Sekadau.

“Kader-kader siap menghantarkan kawan-kawan dalam organisasi ini untuk berkiprah di pemerintahan. Kami tidak membedakan suku atau ras. Kita tidak ada perbedaan, tujuannya satu. Kita turut serta menjadikan Sekadau, maju, mandiri dan berdaya saing. Kami juga mengharapkan dukungan pemerintah, karena masih ada banyak kekurangan,” ujarnya.

Sementara Ketua KNPI Provinsi Kalbar, Nurat, SE, berharap eksistensi KNPI terus terjaga. Berusaha semaksimal mungkin bagaimana membuat program yang ringan-ringan saja yang jelas bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Ini organisasi perkumpulan kepemudaan. Semua berkumpul tidak ada sekat dan wadah dan diakui di NKRI dan menyatukan semua kelompok. Mengharapkan KNPI akan dilaksanakan yang mana ssetelah ini akan dibentuk pengurus-pengurus kecamatan. Mulai dari pengurus kecamatan, kabupaten hingga provinsi skala nasional pada 2018 mendatang,” ujarnya.

Peserta adalah pengurus – pengurus KNPI yang berbatasan langsung dengan negara-negara luar.

“Saya bangga karena KNPI memiliki kesadaran untuk menangkal paham radikalisme dan hoax. Jangan sebarkan isu-isu kebencian. Kita sebagai pemuda KNPI Kabupaten Sekadau harus bisa memberi pengertian kepada generasi muda terhadap informasi yang ada saat ini. KNPI harus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,” ajaknya.

Sementara Bupati Sekadau, Rupinus menyampaikan ucapan selamat kepada kader yang telah dilantik, selamat menjalankan amanah.

KNPI, menurutnya merupakan induk organisasi pemuda yang kepengurusannya terdiri dari OKP. Data Kesbangpol hingga 2015 jumlah LSM yang terdaftar, sebanyak 5 LSM.

Kalau dilihat faktanya di lapangan banyak sebenarnya kelompok LSM yang dibentuk. Sedangkan perkembangan jumlah organisasi kepemudaan sejak tahun 2011 hingga 2014 hanya 32 organisasi saja.

Pemuda, lanjut Bupati, diharapkan dapat menjadi solusi, pemuda harus membekali diri dengan baik.

“Melatih diri untuk berintegritas dan tindakan yang tidak terpuji harus dihindari. Semangat KNPI harus ada menyusun dan melaksanakan program kerjanya. KNPI harus mampu memfasilitasi anak-anak muda,” pungkas Bupati. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY