Pimpin Safari Ramadhan di Sekadau Hilir, Bupati Rupinus : Perteguh Kesabaran dan Jaga Kerukunan

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus kembali melanjutkan safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Sekadau tahun 2019. Safari Ramadhan kali ini dipusatkan di SP 4 Dusun Ensali, Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (23/5/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Rupinus mengatakan, safari Ramadhan merupakan wadah bagi pemerintah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa banyak hikmah yang dapat diambil dari ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

“Puasa ini mengandung didikan memperkuat mental dan spiritual serta memperteguh kesabaran pada saat berpuasa dengan berusaha menahan haus dan lapar. Sehingga diharapkan puasa ini juga dapat menjadikan sehat jasmani dan rohani,” ujar Bupati.

Baca Juga :  Dorong Percepatan Pembangunan Desa

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini juga meminta agar masyarakat Sekadau saat menyambut Idul Fitri nanti tidak berlebih-lebihan. Karena menurutnya esensi dari bulan Ramadhan maupun Idul Fitri lebih pada ibadahnya.

“Saya minta juga masyarakat bisa menahan diri untuk tidak berlebihan karena menjelang lebaran pasti bahan pokok akan mengalami kenaikan harga. Maka keperluan yang bisa ditunda, lebih baik ditunda dulu, kalau pun ada uang lebih, baik ditabung untuk persiapan sekolah anak, yang penting ibadah kita. Karena saat lebaran juga, tamu yang datang bukan karena makan apa yang kita sediakan tapi karena ingin bersilaturahmi dan saling memaafkan,” tuturnya.

Baca Juga :  Resmikan 4 Pasar Rakyat, Bupati Rupinus: Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau agar tetap menjaga kerukunan yang telah tercipta selama ini. Ia berharap masyarakat tidak mudah terpancing pada isu-isu yang dapat memicu terjadinya perpecahan.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing, sehingga tetap kondusif serta tidak mudah terpancing pada isu-isu yang menyesatkan,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati beserta jajaran juga menyerahkan bantuan kepada pengurus rumah ibadah dan batuan logistik korban bencana alam di Kecamatan Sekadau Hilir. (Mus)

Comment