Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Melantik Pengurus Baznas Kabupaten Sekadau, di Aula Serbaguna Kantor Bupati Sekadau (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Melantik Pengurus Baznas Kabupaten Sekadau, di Aula Serbaguna Kantor Bupati Sekadau (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus berharap pengurus badan amil zakat nasional (Baznas) yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah yang baik. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengelolaan zakat umat yang amanah, tranparan dan profesional.

“Baznas telah mampu menjadi lembaga yang tidak semata-mata menghimpun zakat umat. Tapi juga telah mewujudkan pemberdayaan zakat di masyarakat dengan baik,” ujarnya, saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Sekadau, di aula serbaguna kantor Bupati Sekadau.

Sehingga, lanjutnya, Baznas juga turut berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Hal ini secara bersama-sama akan terus dikurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sekadau.

“Kami telah melakukan berbagai langkah untuk memberikan dukungan yang sungguh-sungguh dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Sekadau. Termasuk menindaklanjuti surat edaran Gubernur tentang optimalisasi pengumpulan zakat,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati berpesan agar hal tersebut dapat mendorong karyawan-karyawati yang beragama Islam untuk melaksanakan kewajiban dalam menunuaikan zakat pada masing-masing unit pelayan zakat (UPZ) yang dibentuk baznas.

Ia mengharapkan, kebijakan yang diambil pemerintah kabupaten dan kecamatan dapat lebih mendorong wacana yang ada.

“Harapan kami zakat-zakat di Kabupaten Sekadau dapat dihimpun, dikelola dan disalurkan kepada masyarakat. Ini adalah amanah kepada pimpinan baznas untuk sering mensosialisasikan dan membina masyarakat muslim,” harapnya.

Selain itu, Bupati meminta adanya sinergisitas Kementerian Agama Kabupaten Sekadau dengan baznas. Sehingga, program serta kegiatan terkait zakat tidak berjalan sendiri-sendiri. Baznas, kata dia, harus berada di jalur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Guna memastikan hal itu, tentu tidak boleh lengah sedikitpun dalam pengawasan,” tegasnya.

“Tujuan dan harapannya adalah sama-sama ingin membangun masyarakat yang makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran. Kami mengajak semua elemen untuk mendukungan baznas,” tandasnya. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY