Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Perayaan Natal Oikumene Pemkab Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Perayaan Natal Oikumene Pemkab Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri langsung Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Sintang yang mengusung tema ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu’ (kolose 3:15) yang berlangsung di Gedung Pancasila Sintang, Selasa malam (23/1).

Turut hadir Unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Sultan Sintang, ribuan umat kristiani Kabupaten Sintang, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan perayaan natal merupakan momen umat kristiani mengingat kembali kelahiran Yesus Kristus, menurutnya esensi kelahiran yang paling tinggi bukanlah kelahiran fisik, melainkan kelahiran pada aspek psikis atau sikap mental bagi umat kristiani.

“Natal adalah lahirnya keyakinan, pemahaman, sikap dan perilaku untuk teguh memperjuangkan kebenaran keselamatan dan kedamaian yang diajarkan Yesus Kristus dalam kehidupan sosial,” kata Bupati.

Maka dari itu, tegas Bupati, spirit natal senantiasa memberikan kesadaran kepada umat kristiani untuk selalu berpihak pada kebenaran, terus menerus memperjuangkan keselamatan serta menegakkan kedamaian di tengah kehidupan bangsa dan negara.

“Mengingat dalam kehidupan kekinian kita cenderung diwarnai oleh praktek-praktek kesalahan, meluasnya penderitaan dan menonjolkan permusuhan dan konflik, sehingga spirit natal hadir di waktu yang tepat,” tukasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dari pemahatan tersebut di atas dapat kita tangkap tema natal tahun 2017 yakni Hendaklah Damai Kristus Memerintah Dalam Hatimu.

“Yesus Kristus memerintah setiap umat kristiani untuk menyemai kedamaian bagi umat manusia, untuk itu setiap pribadi kristiani harus sanggup mendamaikan diri sendiri, mendamaikan diri dengan orang lain dari nafsu untuk bermusuhan dan saling membenci,” jelas Bupati.

Bupati pun berpesan kepada umat kristiani di Kabupaten Sintang agar terus menjadi sosok teladan dalam kehidupan sosial.

“Bumikan ajaran kitab suci injil yang saudara-saudara yakini, tempatkan diri menjadi pelaku pembangunan yang membawa manfaat di tengah kemajemukan sosial di Kabupaten Sintang. Saya juga harap umat kristiani berdiri paling depan membangun kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama sehingga memberikan kedamaian di Kabupaten Sintang,” tegasnya.

Selain itu juga, Bupati mengingatkan umat kristiani di Kabupaten Sintang, bahwa 2018 ini merupakan proses penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang baru.

“Mari kita berpartisipasi aktif menjadi pemilih yang cerdas, kita jaga situasi aman, damai dan kondusif. Proses dukung mendukung hal yang lumrah dalam pilkada tetapi jangan membuat kita saling bermusuhan sesama anak bangsa. Saring dan pilah informasi yang di terima jangan terjebak hoax dan kedepankan dialog jika menghadapi masalah-masalah terkait pesta demokrasi di Kalbar 2018 ini,” tambah Bupati.

Sementara itu, ketua panitia Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Sintang, Kartius yang juga merupakan kepala Bappeda Kabupaten Sintang mengatakan perayaan Natal Oikumene umat kristiani ini merupakan agenda tahunan dilaksanakan di Kabupaten Sintang dengan tujuan yakni pertama memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang telah lahir lebih kurang ribuan tahun yang lalu seperti yang telah ditetapkan para pendiri gereja di seluruh dunia.

“Kedua, yakni meningkatkan kesadaran dan keimanan umat kristiani supaya lebih memahai arti pengorbanan yesus kristus di dalam dunia ini,” katanya.

Yang ketiga, lanjut Kartius, supaya umat kristiani lebih mendekatkan diri dan berprilaku baik seperti keteladanan yang di sampaikan oleh yesus kristus.

“Ke empat untuk mempertebal rasa keimanan kepada tuhan yesus kristius dan memperkokoh rasa persatuan kesatuan antar sesama umat khususnya di Kabupaten Sintang,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga diumukan pemenang-pemenang lomba pohon terang Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2017 dengan berbagai kategori yakni kategori menghias pada rumah umat atau jemaat, kategori OPD, sekolah, kampus, BUMN dan BUMD, kategori gereja dan kategori rumah jemaat.

Disela-sela acara usai menyampaikan sambutan, Bupati Sintang Jarot Winarno mendapat kejutan kue ulang tahun dari panitia kegiatan natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2018, mengingat Senin 22 Januari 2018 lalu orang nomor satu di Kabupaten Sintang tersebut merayakan usia ke-58 tahun. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY