Suasana Halal Bi Halal Dikediaman Camat Sekadau Hilir (Foto: Mus)
Suasana Halal Bi Halal Dikediaman Camat Sekadau Hilir (Foto: Mus)

Ajak masyarakat tetap menjaga jalinan persaudaraan, persatuan dan kesatuan

KalbarOnline, Sekadau – Camat Sekadau Hilir, menggelar acara Halal bi Halal dikediamannya, Jalan Merdeka Timur, Kota Sekadau, Rabu (19/7).

Acara tersebut dihadiri Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si, Wakapolres Sekadau, Kompol Adiono Dwi Waluyo, Raja Sekadau, Forkopimka Kecamatan Sekadau Hilir, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Ketua MUI Kabupaten Sekadau, Kyai Mudhlar. Turut hadir Kepala Desa di Kecamatan Sekadau Hilir, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Sekadau.

Bupati Rupinus dalam sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga jalinan persaudaraan, persatuan serta kesatuan.

“Budaya ini harus dipertahankan, biar kita enak kerja, enak membangun dan enak tidur, pembangunan berjalan dengan baik,” ujar Bupati.

Mengingat, hubungan dalam masyarakat Kabupaten Sekadau sudah berjalan sangat baik. Untuk itu, Rupinus meminta masyarakat jangan mengikuti hal-hal yang dapat memprovokasi dan memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Jangan ikut-ikutan. Kita jaga toleransi sebaik-baiknya yang sudah terjalin dengan baik di Sekadau,” ucapnya.

Selain itu, kata Rupinus, melalui kegiatan halal bihalal tersebut merupakan momentum untuk memperat tali silaturahmi. Ia juga mengapresiasi Camat Sekadau Hilir yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan. Tak lupa kami ucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Sekadau Hilir, Hermanto mengatakan, kegiatan halal bihalal tersebut juga mengundang 17 desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga diundang dalam kegiatan tersebut. Hal ini, kata dia, sebagai ajang silaturahmi bersama kades, masyarakat khususnya di Kecamatan Sekadau Hilir.

“Mohon maaf, saya tidak dapat mengunjungi satu-persatu warga. Melalui kegiatan halal bihalal inilah momentum saling bersilaturahmi,” kata dia.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Sekadau Hilir, M Hasbi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang baik karena banyak nilai-nilai yang terkandung didalamnya, seperti menjalin tali silaturahmi. Hasbi mengatakan, hubungan baik perlu dijaga baik itu dengan Allah SWT maupun antara sesama manusia.

“Keduanya harus seimbang. Karena bukan tidak mungkin fakta di masyarakat hubungan dengan Tuhan baik, tapi tidak kenal dengan tetangganya, yang kelaparan, begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

“Tentunya yang terbaik adalah menyeimbangkan keduanya. Kesalihan spiritual dan kesalihan sosial perlu dijaga dengan baik,” imbuhnya.

Silaturahmi itu, kata dia, juga merupakan langkah yang baik untuk membangun relasi. Diharapkan, dengan kegiatan tersebut dapat mencairkan suasana yang sebelumnya ada keretakan dapat kembali baik.

“Itulah harapannya. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua,” pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY