Kadisporapar Kalbar Sahur Bergizi bersama Atlet PPLP

KalbarOnline, Pontianak – Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari secara detail memberikan perhatian terhadap kesehatan para atlet PPLP Kalimantan Barat, dengan cara memperhatikan langsung asupan gizi pada setiap mangkok makanan yang mereka makan.

Di bulan suci Ramadhan ini, Windy Prihastari pun menyempatkan diri untuk sahur bersama dan mendatangi para atlet PPLP di bawah binaan Disporapar Provinsi Kalbar yang ada di Wisma Atlet Kalbar, di Kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak, Jumat 22 Maret 2024.

Tak tanggung-tanggung, Windy pun mengajak ahli gizi untuk turun langsung menimbang berapa gizi pada mangkok menu sahur untuk para atlet PPLP Kalbar tersebut.

Alhamdulillah senang sekali saya bisa berada di tengah-tengah adik-adik atlet PPLP untuk sahur bersama,” ujarnya seraya berharap, semoga di bulan Ramadhan ini, para atlet tetap semangat untuk menjadi seorang atlet yang maksimal dalam memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Tim Explore Desa Wisata Kalbar Berkunjung ke Destinasi Konservasi Penyu di Paloh

Sebelum menyantap menu sahur, Windy mengajak ahli gizi menghitung lebih dulu jumlah kandungan gizi yang harus dipenuhi seorang atlet, baik dari sisi karbohidrat, protein nabati maupun hewani yang seimbang.

“Sebagai atlet pelajar yang setiap harinya melakukan aktivitas latihan dan belajar, tentunya mereka sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan kalori rata – rata atlet per hari, yaitu sekitar 2500 – 3000 kalori,” jelas Windy.

Adapun menu makan sahur yang disajikan tersebut terdiri dari nasi (325 kalori), ayam bacem/kalasan (332 Kalori), ikan angsio/tenggiri fillet (84,1 kalori), tahu goreng (103 Kalori), sayur tumis capcay (104 kalori), pisang barangan (69 kalori), susu (131,9 Kalori).

Baca Juga :  Terus Berupaya Tanggulangi Karhutla, Kapolda: Selebihnya Kita Kembalikan Kepada Tuhan

“Jadi dari menu sahur tadi total asupan kalori 1.149 kkal, protein 60.9 gr, lemak 50.6 gr, KH : 113.7 gr. Dan apabila ditambah dengan menu berbuka dan makan malam nanti, maka total kalorinya sekitar 2.500 – 3.000 kalori,” jelas Windy.

Windy menyampaikan, yang harus diingat dan yang paling penting bagi atlet adalah asupan cairan, minimal 2 liter sehari atau 8 gelas per hari. Sebab, dikatakan Windy, walaupun berpuasa, mereka masih tetap berlatih seperti biasanya. Maka dari itu, kesehatan itu penting untuk harus terus dijaga.

“Oleh karena itu mereka (atlet) harus sering-sering minum air putih agar terhindar dari dehidrasi,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment