Kinerja Gemilang di Era Paceklik, Rokidi Sabet Penghargaan Top CEO BUMD 2024

KalbarOnline, Jakarta – Di tengah kondisi perekonomian global yang carut marut di tahun 2023, Bank Kalbar masih mampu mencetak kinerja gemilangnya hingga akhir tahun 2023, dengan membukukan laba sebesar Rp 455.447 miliar (audited) atau 102,19% dari target tahun 2023 serta tumbuh 6,81% dari realisasi laba tahun 2022.

Hal itu lah yang menjadi salah satu komponen penilaian yang menjadi katrol pengungkit Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi memperoleh penghargaan bergengsi sebagai Top CEO BUMD 2024 dalam ajang Top BUMD Awards 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (20/03/2024).

Penghargaan yang diberikan oleh majalah Top Business ini sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa Rokidi dalam menahkodai Bank Kalbar menuju kesuksesan yang luar biasa gemilang. 

Penyelenggaraan Top BUMD Award 2024 sendiri bertujuan dalam rangka mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat serta daerah, guna percepatan peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian daerah.

Penghargaan yang diberikan pun tentu ditujukan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, dan salah satu kategori penghargaan yang dianugerahkan adalah Top CEO BUMD.

Kategori penghargaan bergengsi ini diberikan kepada top leader BUMD yang dinilai memiliki kinerja terbaik yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Penghargaan ini merupakan bukti nyata pengakuan atas dedikasi dan kepiawaian dalam mengelola perusahaan sehingga menciptakan pertumbuhan perekonomian di masyarakat.

Baca Juga :  KAWAN Sekolah Literasi Indonesia Siap Majukan Pendidikan di Indonesia

Bertempat di ruang Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menerima secara langsung penghargaan prestisius tersebut. Penghargaan yang diberikan itu merupakan yang kesekian kalinya ia terima semenjak menjabat sebagai Direktur Utama Bank Kalbar.

Atas penghargaan tersebut, Rokidi mengucapkan terima kasih yang tulus kepada majalah Top Business yang telah menobatkannya sebagai salah satu penerima penganugerahan Top CEO BUMD di penghujung masa kepemimpinannya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan Bank Kalbar yang telah memberikan dukungan kepada dirinya.

“Apresiasi tertinggi saya berikan kepada seluruh tim manajemen dan karyawan Bank Kalbar yang telah memberikan dukungan maksimal kepada saya melalui kerja keras dan komitmen yang tinggi untuk memajukan bank kita tercinta ini. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat,” ujarnya.

Penghargaan ini tak hanya sebagai motivasi bagi dirinya sebagai leader untuk menjadi lebih baik lagi, melainkan juga sebagai cambuk kepada seluruh karyawan Bank Kalbar untuk terus meningkatkan kualitas layanan, inovasi produk dan jasa serta memberikan kontribusi lebih baik lagi bagi perekonomian masyarakat, baik secara regional maupun nasional.

Di era kepemimpinan Rokidi, tercatat Bank Kalbar telah menorehkan puluhan prestasi gemilang. Kinerja keuangan Bank Kalbar selama tiga tahun terakhir terus tumbuh positif. Modal telah melebihi dari persyaratan modal minimal yang ditetapkan oleh regulator.

Baca Juga :  Masyarakat Harus "Dipaksa" Gunakan Fintech

Bank Kalbar juga dianggap tim juri berhasil menjalankan perannya sebagai agent of development di Kalimantan Barat dalam bentuk pemberian modal usaha dalam bentuk kredit kepada masyarakat terutama dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam bentuk penyaluran Kredit. Bank Kalbar berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan penuh kepada sektor UMKM setidaknya 30% dari portofolio kredit Bank Kalbar.

“Berbagai produk kredit untuk pengusaha UMKM telah kami persiapkan, dari yang berskala mikro hingga menengah, ada kredit KUM Peduli untuk pengusaha mikro dengan suku bunga dan persyaratan sangat lunak, ada pula kredit Kredit Usaha Rakyat yang dikenal dengan KUR dan masih banyak lagi jenis produk yang kami persiapkan untuk para penggiat UMKM”, jelasnya.

Kinerja yang baik tersebut tak lepas dari peran serta pemegang saham serta seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Barat. Oleh karenanya, Rokidi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham dan masyarakat yang telah mempercayakan Bank Kalbar sebagai mitra dalam upaya memajukan perekonomian daerah.

“Kami yakin bahwa dengan semangat dan komitmen yang terus-menerus, Bank Kalbar akan terus berprestasi dan menjadi salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi daerah,” tutur Rokidi. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment