Bank Kalbar Pertahankan Gelar Bergengsi Bintang 5 di Ajang Top BUMD Awards 2024

KalbarOnline, Jakarta – Ajang penghargaan paling bergengsi dan terbesar bagi para pelaku BUMD di Indonesia, yakni TOP BUMD Awards kembali digelar pada 2024 ini dengan tema ”Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan  Layanan BUMD”.

Nama Bank Kalbar kembali terpatri pada ajang prestisius tingkat nasional dengan prestasi yang membanggakan lantaran mempertahankan gelar bintang 5 selama dua tahun berturut-turut.

Tak hanya sampai di situ, dua penghargaan lainnya juga berhasil disabet Bank “Kite Punye Kite” itu dalam ajang yang sama, yaitu Top Pembina BUMD 2024 yang diberikan kepada Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, dan Top CEO BUMD 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” jelas Lutfi di sela acara penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta.

Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis TOP BUMD Awards 2024 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Selain itu, perusahaan terus melakukan perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Tanggapi Santai Soal Sanksi Maskapai yang Dianggap Tabrak Aturan

Top BUMD Awards merupakan kegiatan corporate rating yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia termasuk BLUD dan Omas yang terkait BUMD, atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah Top Business ini bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti IKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consuitmg, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran Bandung, dengan melibatkan Dewan Juri beberapa Profesor dan Doktor di bidang Bisnis Ekonomi, serta para Praktisi dan Konsultan Bisnis.

Penganugerahan Top BUMD 2024 dilaksanakan di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/03/2024).

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi yang hadir secara langsung menerima penghargaan bergengsi tersebut mengatakan, Bank Kalbar berhasil mempertahankan gelar Top BUMD Awards 2024 Bintang 5 untuk yang kedua kalinya berturut-turut.

Baca Juga :  Gelar Rapat Perdana, Ini Tiga Strategi Menparekraf Sandiaga Uno

“Kami merasa terharu atas penganugerahan penghargaan ini. Pengakuan ini memperkuat komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi nasabah kami,” ungkap Rokidi. 

Rokidi menilai, penghargaan ini diberikan sebagai salah satu bentuk pengakuan atas kontribusi nyata Bank Kalbar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian dan memberikan layanan yang berkualitas kepada Masyarakat Kalimantan Barat. Penghargaan ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen bank dengan tagline ‘Bank Kite Punye Kite’ dalam menjaga standar layanan serta inovasi produk pada industri perbankan daerah.

“Dengan memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, kami terus berusaha untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi individu, bisnis, dan komunitas di Kalbar,” tuturnya.

Sejak didirikan di tahun 1964, lanjut Rokidi, Bank Kalbar telah memantapkan komitmen untuk berdedikasi memajukan ekonomi lokal dan melayani kebutuhan keuangan masyarakat. Dengan berbagai produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam pelanggan, pihaknya memantapkan cita-cita untuk terus berinovasi dan menghadirkan kualitas layanan yang unggul dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

“Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan standar keunggulan ini dan meningkatkan kualitas layanan kami lebih jauh lagi,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment