Tim Explore Desa Wisata Kalbar Berkunjung ke Destinasi Konservasi Penyu di Paloh

KalbarOnline, Sambas – Tim Explore Desa Wisata Kalbar yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengunjungi destinasi konservasi bagi habitat penyu di Pantai Tanjung Api, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Dalam kunjungan itu, Windy bersama tim melakukan relokasi sarang-sarang penyu yang naik ke daratan di sepanjang pantai tersebut. Relokasi tersebut turut didampingi oleh Pokmaswas Kambau Borneo.

Baca Juga :  Gelar Apel Bulanan Terpadu, Bupati: ASN Teladan Merupakan Pelopor Tertib

“Bersama petugas anggota Pokmaswas Kambau Borneo yang setiap malamnya merelokasi sarang penyu yang naik ke daratan di sepanjang pantai terpanjang peneluran penyu di Indonesia, Pantai Tanjung Selimpai dan malam ini kami ikut serta merelokasi penyu hijau ke tempat penetasan alami ‘hatchery’,” kata Windy, Sabtu (25/06/2024) malam.

Selain melakukan relokasi, tim juga menanam telur-telur telur penyu yang ada untuk kemudian menunggu selama 45 hari ke depan agar bisa menetas.

Baca Juga :  Siap-siap Menjerit, Pemerintah Pangkas Jatah Pupuk Subsidi Sejumlah Komoditi

“Dan anak penyu atau tukik (setelah menetas) akan dilepaskan ke laut bebas sebagai habitat awal penyu. Melepas artinya melestarikan populasi penyu Paloh Pantai Tanjung Api, Selimpai,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment