Permudah Akses Wisatawan, Kadisporapar Sambut Baik Rencana Pembangunan Tol Pontianak – Singkawang

KalbarOnline, Pontianak – Menparekraf RI, Sandiaga Uno merespon positif usulan Pemprov Kalbar terkait aspek infrastruktur jalan dalam rangka mempermudah wisatawan menuju berbagai destinasi wisata di Kalbar.

Oleh karenanya, ia akan berkoordinasi serta mendorong kementerian terkait mengenai realisasi pembangunan jalan tol Pontianak – Singkawang.

“Apabila  nantinya sudah ada trafik studi, yang bisa memberikan suatu data yang memungkinkan untuk membangun jalan tol (Pontianak-Singkawang). Maka ini juga bisa dipertimbangkan,” kata Sandiaga Uno.

Ia menegaskan, bahwa untuk masalah lalu lintas dan transportasi akan ditangani  bersama dengan kementerian dan lembaga terkait. Begitu juga dengan sektor perhotelan.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov Kalbar juga tengah melakukan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan mengenai Detail Engineering Design (DED) atau detail gambar kerja untuk tol Pontianak – Kijing, selanjutnya Kijing – Singkawang.

Baca Juga :  Serap Aspirasi Konstituen di Pontianak Kota, Zulfydar Zaidar Fokus pada Tiga Hal

Terpisah, Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari sangat menyambut baik rencana tersebut. Ia menjelaskan, jika memang nantinya Kalbar mempunyai jalan tol Pontianak – Singkawang, maka itu tentu akan semakin mempermudah akses, khususnya wisatawan yang ingin berkunjung ke Singkawang dan sekitarnya.

Di sisi lain, Kota Singkawang juga telah mempunyai bandar udara (bandar) yang sebentar lagi siap beroperasi.

“Sekarang Singkawang sudah ada bandara yang sebentar lagi beroperasi, mungkin nanti Kalbar punya jalan tol dari Pontianak – Singkawang. Tentu ini menjadi kabar baik kita semua,” tutur Windy.

Baca Juga :  Launching Kalender Event, Menteri Sandi Sebut Pariwisata Kalbar Sangat Beragam dan Layak Dikunjungi

Windy menyatakan, dengan adanya pembangunan tol Pontianak – Singkawang, bukan hanya sektor parekraf saja yang akan berdampak, melainkan akan memberikan multiplier effect pada perekonomian Kalbar secara luas.

“Di sisi sektor parekraf tentunya, wisatawan yang ingin berkunjung ke Singkawang sudah bisa langsung melalui rute penerbangan Jakarta – Singkawang (jika bandara sudah beroperasi). Kalau lewat darat, nantinya akan dipercepat lewat tol yang masih direncanakan pembangunannya, sehingga nantinya tak terkendala macet di jalan,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment