Kurangi Sampah Plastik, Kadisporapar Windy Terus Galakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler

KalbarOnline, Pontianak – Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari terus menggalakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler, sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik pada kehidupan sehari-hari.

Gerakan ini juga telah didukung oleh Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson yang telah menginstruksikan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik di lingkungan Pemprov Kalbar. Mulai dari mengganti minuman kemasan saat rapat, dengan penyediaan dispenser untuk isi ulang air para ASN.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Windy juga mengajak berbagai sektor dan industri di Kalbar untuk sama-sama mengelola sampah atau limbah mereka dengan baik. Seperti di industri Perhotelan, Windy mengajak agar perhotelan di Provinsi Kalimantan Barat berinovasi untuk bisa meminimalisir penggunaan sampah plastik, atau bahkan mengusung konsep perhotelan yang ramah lingkungan.

Baca Juga :  Jelang Perayaan Cap Go Meh, Kadisporapar Kalbar Minta Pemkot Singkawang Antisipasi Calo Homestay

Bahkan dikatakan Windy, alangkah bagus lagi apabila pihak perhotelan bisa melakukan kerjasama dengan beberapa pihak atau komunitas untuk pengelolaan sampah perhotelan yang berkelanjutan.

“Gerakan ini, bisa dimulai misalnya di lingkungan Perhotelan secara perlahan, tapi harus dimulai dari sekarang. Bagaimana pihak hotel bisa meminimalisir penggunaan sampah plastik saat ada acara, misalnya mulai dari mengganti air kemasan plastik dan makanan dengan bahan habis sekali pakai yang tidak mencemari lingkungan,” ujar Windy.

Windy juga mengajak, agar pelaku industri di Kalimantan Barat bisa bersama dalam upaya mengurangi penggunaan sampah plastik saat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :  Hary Agung Pimpin Rombongan Dinkes Kalbar ke Jelai Hulu, Salurkan Obat-obatan ke Korban Banjir

“Kalau kita pribadi kemana-mana wajib membawa tumbler, nah mungkin pada saat acara di hotel atau saat lagi pengen staycation, kita juga perlu membawa tumbler. Supaya kita pribadi yang datang ke hotel itu tidak membawa atau menggunakan sampah plastik,” ujar Windy.

Windy mengatakan, Gerakan Kalbar Membawa Tumbler ini akan terus digaungkan, bahkan keterlibatan banyak pihak diharapkan untuk terus menyebarluaskan aksi positif ini, sehingga berdampak baik kepada lingkungan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment