Menparekraf Sandiaga Uno Akui Perkembangan Pesat Pariwisata Kalbar

KalbarOnline, Singkawang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengakui perkembangan dunia pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang sangat besar. Apalagi Kalbar dinilainya memiliki magnet yang mampu menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun nusantara.

Hal tersebut disampaikannya saat menutup rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di Kota Singkawang pada Sabtu (24/02/2024).

Sandi menyebut, di Provinsi Kalbar terdapat event yang berhasil masuk Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI tahun 2024. Hal tersebut menjadi bukti event di Kalbar memiliki potensi sangat besar hingga menembus 10 besar.

Baca Juga :  Kalbar Miliki 745 Objek Wisata, Harisson: Sektor Ini Harus Jadi Unggulan

“Luar biasa perkembangan pariwisata di Kalbar, Kalbar memiliki daya tarik wisata yang sangat luar bisa kita rasakan terutama dengan Festival Cap Go Meh yang berhasil menembus Top 10 KEN 2024,” kata Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kemenparekraf RI itu pun mengungkapkan rasa bangganya lantaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar memilih Kota Singkawang sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan Rakornas Pemasaran Pariwisata dan Parekraf.

Pemilihan Kota Singkawang dinilai Sandiaga sebagai terobosan yang sangat bagus, lantaran biasanya rakornas tersebut digelar pada daerah-daerah yang telah familiar seperti Bali.

“Saya sangat bangga rakornas kali ini di Singkawang, biasanya di Bali, ini terobosan yang luar biasa sekaligus dirangkaikan dengan Festival Cap Go Meh,” ungkap Sandiaga.

Baca Juga :  Hadiri Perayaan Natal Nasional 2017 di Pontianak, Jokowi: Jangan Lelah bekerja di Ladangnya Tuhan

Dikatakan Sandiaga lagi, momentum rakornas tersebut dapat dimanfaatkan untuk mensinergikan event-event besar seperti di luar negeri. Event-event besar itu pun bisa menarik peluang ekonomi yang kemudian bisa menumbuhkan lapangan kerja.

Dirinya memastikan Kemenparekraf RI akan memberikan dukungan penuh terhadap gelaran event-event di Kalbar. Termasuk event Gawia Sowa dari Kabupaten Bengkayang yang juga telah berhasil masuk KEN 2024.

“Kita (Kemenparekraf RI) upayakan agar bisa mengemas biar lebih banyak kunjungan wisatawan ke Kalbar,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment