Terus Berupaya Tanggulangi Karhutla, Kapolda: Selebihnya Kita Kembalikan Kepada Tuhan

Penyerahan bantuan selang pemadam

KalbarOnline, Pontianak – Guna membantu kelancaran operasional pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs. Didi Haryono, SH., MH menyerahkan alat selang pemadam. Penyerahan dilakukan secara simbolis dari pemadam swasta diberikan kepada Manggala Agni yang berlangsung di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, Kamis (23/8/2018).

Penyerahan alat selang pemadam ini juga dihadiri oleh Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Sri Handayani dan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof. Dr. H. Thamrin Usman, D.E.A.

“Dalam penyerahan ini sebanyak 200 alat selang pemadam langsung secara resmi diserahkan kepada perwakilan Manggala Agni,” kata Kapolda.

Baca Juga :  Pilih Kasih! Kepala BNPB Terkesan Keras ke Peladang, Lembek ke Korporasi

Jenderal bintang dua ini menjelaskan jajaranya berusaha terus menerus melakukan pemadaman akibat kebakaran lahan, hutan, gambut dan pekarangan.

“Kami sudah berusaha dalam hal apapun namun kita kembalikan lagi kepada Tuhan untuk meminta hujan dan juga kita tetap berusaha dalam menanggulangi bencana ini dengan cara menghambat kebakaran lahan dengan menggunakan Water Bombing dan penyemprotan. Selain itu kita juga sudah menangkap 12 orang dari 14 tempat kejadian perkara,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tekan DBD, Pj Gubernur Harisson ke Bupati dan Wali Kota: Turunlah ke Lapangan Pantau Kondisi Warga

Kapolda juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerjunkan dua kompi yang didalamnya ada Pleton Polisi Wanita (Polwak) yang tersebar disejumlah titik diantaranya di Rasau, Sungai Raya Dalam dan di area kampus Untan guna menanggulangi karhutla.

Kapolda juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kalbar untuk menggunakan masker ketika bepergian.

“Jangan keluar yang tidak begitu penting. Apabila keluar gunakan masker dan mari kita berdoa bersama agar turunnya hujan dan saya harap dalam menanggulangi ini jangan sampai ada korban jiwa dalam Karhutla,” tandasnya. (*/ian)

Comment