Dukung Atlet Berprestasi, Kadisporapar Kalbar Serahkan Bantuan Sarpras ke PPLP

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat terus melakukan pembinaan kepada para atlet dalam upaya mencetak atlet berprestasi, baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menyampaikan, pembinaan para atlet tersebut dimulai dari tingkat pelajar yang tergabung dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Kalbar, yang merupakan atlet binaan dari Disporapar Kalbar.

“Memang untuk mencetak atlet berprestasi itu kita bisa mulai memberikan pembinaan dan pelatihan tiap cabang olahraga, di mulai dari para atlet di tingkat pelajar,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Windy saat menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) olahraga kepada atlet PPLP Provinsi Kalbar, Selasa (05/11/2023).

Adapun jenis bantuan sarpras yang diserahkan Windy, diantaranya starblock, stopwatch, medicine ball 5 Kg, resistance band, body protector, foot protector, hand protector, dekker, bantalan panahan, busur panah, head guard, pelindung lengan dan kaki, samsak panjang, carmantel dan harness.

Dalam kesempatan itu, Windy juga memberikan motivasi kepada seluruh atlet PPLP Provinsi Kalbar. Ia menyampaikan bahwa nantinya, pembinaan dan pelatihan yang diberikan dalam upaya untuk mencetak atlet berprestasi dilakukan secara berjenjang.

Baca Juga :  Ada Sarang Nyamuk di Dinkes Sanggau, Harisson: Tidak Bisa Diampuni

Windy turut menambahkan, bahwa pembinaan di tingkat pelajar ini merupakan awal untuk membentuk para atlet berprestasi dari tiap cabang olahraga.

“Semakin banyak mereka dibina, dilatih. Maka para atlet pelajar ini akan semakin terbentuk dan akan semangat terus untuk mengasah kemampuan mereka. Tak hanya dari sisi olahraga saja, mereka pun akan terbiasa disiplin terhadap diri mereka sendiri. Jadi tahu apa yang harus mereka persiapkan, untuk target atau prestasi yang ingin mereka raih,” katanya.

Saat ini, atlet PPLP binaan Disporapar Provinsi Kalbar berjumlah 38 orang yang terdiri dari 16 orang atlet putri dan  22 orang atlet putra dari 6 cabang olahraga (cabor), yakni 9 orang atletik, 8 orang atlet angkat besi, 6 orang atlet panahan, 5 orang atlet panjat tebing, karate 4 orang dan wushu 6 orang. Para atlet ini dilatih oleh 13 pelatih dan asisten pelatih.

Baca Juga :  Kalbar Tambah 15 Kasus Baru Dua Antaranya dari Klaster Munzalan Sekaligus Mahasiswa Kedokteran

Windy mengungkapkan, berbagai prestasi juga telah berhasil diraih sepanjang tahun 2023 oleh atlet PPLP Provinsi Kalbar. Di mana prestasi itu menunjukan peningkatan selama kurun waktu lima tahun terakhir.

Dimulai dari Kejurnas Antar PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia tahun ini, yang mana atlet dari cabang olahraga (cabor) angkat besi, atletik, karate, telah menyumbang medali untuk Provinsi Kalbar, baik itu medali emas, perak maupun perunggu.

Selain itu, pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang berlangsung pada Agustus lalu, atlet PPLP Kalbar juga berhasil menyumbang 2 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu dari cabor atletik, angkat besi dan wushu.

“Jadi memang untuk meningkatkan prestasi atlet PPLP Kalbar, pelatih terus melakukan pembinaan dan pelatihan dengan memanfaatkan fasilitas olahraga di kawasan Gelora Khatulistiwa,” ujar Windy sembari menegaskan bahwa Disporapar Kalbar akan terus memberikan support dalam hal peningkatan atlet berprestasi di Provinsi Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment