Kadisporapar Kalbar Komitmen Bangun Iklim Prestasi Olahraga Sejak Dini

KalbarOnline, Pontianak, – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari berkomitmen membangun iklim prestasi olahraga sejak dini.

Untuk itu, berbagai upaya pembinaan kepada para atlet-atlet muda kini terus digencarkan, termasuk kepada mereka yang tengah Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Kalbar.

Beragam perhatian diberikan Disporapar Kalbar kepada para atlet muda di PPLP agar mereka ke depan mampu mencetak prestasi baik di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

Diantaranya dengan memberikan bantuan perlengkapan dan peralatan sepatu sekolah, sepatu, baju dan tas olahraga. Tidak hanya itu, Windy Prihastari pun rutin turut langsung melakukan monitoring dan pembinaan atlet PPLP.

Kadisporapar Kalbar Komitmen Bangun Iklim Prestasi Olahraga Sejak Dini 2 Windy mengungkapkan, pembinaan kepada atlet-atlet memang seharusnya dimulai dari tingkat pelajar. Salah satunya seperti upaya yang dilakukan Disporapar Kalbar kepada atlet yang tergabung dalam PPLP.

“Untuk mencetak atlet berprestasi itu, kita bisa mulai memberikan pembinaan dan pelatihan tiap cabang olahraga dimulai dari para atlet di tingkat pelajar,” kata Windy kemarin.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah Rapat Nasional BP2MI, Sutarmidji Dorong Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Kalbar ke Luar Negeri

Windy menuturkan, pembinaan dan pelatihan yang diberikan tersebut dalam upaya untuk mencetak atlet berprestasi di Provinsi Kalbar. Seiring dengan peningkatan kapasitas, dan kemampuan mereka di bidang olahraga yang ditekuni. 

“Semakin banyak mereka dibina, dilatih. Maka para atlet pelajar ini akan semakin terbentuk dan akan semangat terus untuk mengasah kemampuan mereka,” jelas Windy.

Kadisporapar Kalbar Komitmen Bangun Iklim Prestasi Olahraga Sejak Dini 3 “Tak hanya dari sisi olahraga saja, mereka pun akan terbiasa disiplin terhadap diri mereka sendiri. Jadi tahu apa yang harus mereka persiapkan, untuk target atau prestasi yang ingin mereka raih,” tambahnya.

Windy menyampaikan, untuk membentuk atlet dari tiap cabang olahraga memang pembinaan harus dilakukan sejak awal misalnya dari tingkat pelajar. Sehingga mereka akan semakin bagus apabila dibina dan dilatih sejak dini mungkin.

Seperti diketahui, saat ini atlet PPLP binaan Disporapar Kalbar berjumlah 38 orang, terdiri 16 orang atlet putri dan 22 orang atlet putra. Dari jumlah tersebut berfokus pada dari 6 cabang olahraga (cabor) yakni 9 orang atletik.

Baca Juga :  Luncurkan eTIC, Upaya Disporapar Tarik Minat Wisatawan ke Kalbar

Kemudian 8 orang atlet angkat besi, 6 orang atlet panahan, 5 orang atlet panjat tebing, karate 4 orang dan wushu 6 orang. Para atlet ini dilatih oleh 13 pelatih dan asisten pelatih.

Kadisporapar Kalbar Komitmen Bangun Iklim Prestasi Olahraga Sejak Dini 4 Berbagai prestasi juga berhasil diraih oleh atlet pelajar yang tergabung dalam PPLP Provinsi Kalbar sepanjang 2023. Prestasi tersebut bahkan menunjukan peningkatan selama kurun waktu lima tahun terakhir.

Dibuktikan dengan Kejurnas Antar PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia tahun ini, dimana atlet dari cabor angkat besi, atletik, karate, telah menyumbang  medali untuk Provinsi Kalbar, baik itu medali emas, perak maupun perunggu.

Lalu dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional yang berlangsung pada Agustus lalu, atlet PPLP Kalbar juga berhasil menyumbang 2 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu dari cabor atletik, angkat besi dan wushu.

“Jadi memang untuk meningkatkan prestasi atlet PPLP Kalbar, pelatih terus melakukan pembinaan dan pelatihan dengan memanfaatkan fasilitas olahraga di kawasan Gelora Khatulistiwa,” tutup Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment