Rekor Muri di Puncak Kalbar Food Festival, Windy: Pelaku Pariwisata dan Ekraf Bisa Tangkap Peluang Promosi

KalbarOnline, Pontianak– Para pelaku  industri pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) akan terlibat dalam berbagai rangkaian event besar yang digelar oleh Pemprov Kalbar pada Februari 2024 ini.

Tentu ini menjadi peluang besar bagi pelaku industri pariwisata dan ekraf di Kalbar untuk melakukan promosi kepada tamu atau pengunjung yang hadir.

Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menyampaikan, adapun event yang akan dimulai dalam waktu dekat adalah Kalimantan Barat (Kalbar) Food Festival 2024, pada 17 – 25 Februari 2024, yang terpusat di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak.

Berbagai rangkaian acara dan lomba juga digelar untuk memeriahkan event yang merupakan kolaborasi antara Pemprov Kalbar dengan Pondok Ale-Ale itu. Nantinya, juga akan banyak tenant dari para pelaku UMKM yang ikut melakukan promosi produk mereka, seperti berbagai kuliner lokal, yang merupakan satu diantara 17 sub sektor dari ekraf.

Selain kuliner, dalam Kalbar Food Festival ini nantinya akan menampilkan pertunjukan pentas seni, atraksi, lomba masak, festival kopi, stand up comedy, dan lainnya.

Baca Juga :  Usai Menikah, Hana Hanifah Ungkap Perasaan Bahagia

“Kalau untuk kesenian, salah satu yang akan kita tampilkan adalah Drama Ikan Pedas, dan kita melihatkan langsung para pelaku seni di Kalbar,” ujarnya kepada awak media, Kamis (15/02/2024).

Uniknya, Kalbar Food Festival kali ini akan ada Rekor Muri Memangkong Sotong Pangkong yang akan diikuti Menparekraf RI, kadisporapar se-Indonesia hingga ratusan peserta yang hadir.

Sebab dalam waktu bersamaan, pada puncak Event Kalbar Food Festival. Kalbar juga menjadi tuan rumah Rakornas Pemasaran Pariwisata se-Indonesia.

Windy mengatakan, kalau pihaknya menargetkan hingga 500 orang yang akan mengikuti rekor Muri memangkong sotong.

“Jadi pada puncak Kalbar Food Festival, atraksi yang paling menarik adalah Muri sotong pangkong. Jadi nanti kita akan memangkong sotong. Kemudian membuat lempok durian, mulai dari mengaduk lempok sampai dengan pengemasan, sehingga siap dijual,” ujarnya.

Lalu ada pula lomba memasak, adapun juri yang akan dihadirkan adalah Chef Marinka yang merupakan salah satu Chef ternama dari Master Chef, dengan menu utama yang dimasak adalah olahan ikan.

Baca Juga :  Dua Desa Wisata di Kalbar Masuk 75 Besar ADWI Tahun 2023, Disporapar Kalbar Bakal Gelar Award Tingkat Provinsi

Kenapa ikan, Windy yang juga menjabat sebagai Pj Ketua TP PKK Kalbar ingin menekankan selain enak, makanannya juga harus sehat.

Maka dari itu, lewat lomba ini, ia ingin menggaungkan makan ikan cegah stunting. Sebab ikan termasuk dalam salah satu komponen penting yang harus ada di dalam mangkok MPASI, karena mengandung protein hewani.

Adapun deretan event yang akan diselenggarakan di Februari 2024 ini, diantaranya yakni Saprahan Khatulistiwa pada 17-23 Februari, bertempat di Pontianak Convention Center (PCC).

Kedua,  Kalimantan Barat (Kalbar) Food Festival 2024, pada 17-25 Februari 2024, yang terpusat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak.

Ketiga, Launching Kalender Event Kalbar 2023, pada 23 Februari bertempat di PCC Pontianak.

Keempat, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata se-Indonesia pada 22-24 Februari 2024, yang akan berlangsung di dua lokasi, yakni di Pendopo Gubernur Kalbar, dan PCC Pontianak. Kelima, Mini Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment