Kalbar Food Festival, Harisson Inginkan Kuliner Kalbar Rambah Pasar Nusantara Hingga Dunia

KalbarOnline, Pontianak, – Penjabat (Pj) Gubernur Harisson membuka secara resmi membuka perhelatan Kalimantan Barat (Kalbar) Food Festival 2024 pada Sabtu (17/02/2024) sore. Festival yang menampilkan beragam kuliner khas Provinsi Kalbar itu digelar mulai 17 hingga 25 Februari 2024 di halaman Parkir Ayani Megamal.

Didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, Pj Gubernur Harisson memangkong sotong bersama sebagai penanda dibukanya gelaran Kalbar Food Festival 2024.

Pj Gubernur Harisson bersama Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari pun menyambangi sejumlah stand yang menghadirkan kuliner khas Kalbar. Ajang Kalbar Food Festival ini menjadi wadah untuk mempromosikan kelezatan kuliner Kalbar serta mendukung perkembangan industri kuliner.

Dalam momentum tersebut, Pj Gubernur Harisson memberikan apresiasi semua pihak yang terlibat dalam gelaran Kalbar Food Festival 2024. Perhelatan tersebut diharapkannya akan mampu semakin mempromosikan beragam kekayaan kuliner khas Kalbar hingga semakin dikenal secara luas.

“Kita di Kalbar ini banyak sekali kuliner yang bisa membanggakan dan bisa dicicip oleh semua orang dengan cita rasanya yang benar-benar ngangenin, jadi kalau sudah sekali dia (wisatawan) mencicipi kuliner kita pasti ingin balik lagi ke Kalbar,” kata Harisson.

Baca Juga :  Harga Beras Medium di Bengkayang Tembus Hampir Rp 15 Ribu

Harisson pun mendorong sektor kuliner untuk terus dikembangkan dan dipromosikan agar menarik minat wisatawan. Apalagi menurunnya, Provinsi Kalbar selain kaya akan keindahan alam dan budaya, juga memiliki banyak kuliner yang khas beragam dan memiliki cita rasa tinggi.

“Kekayaan kuliner Kalbar patut  terus dipelihara, dilestarikan serta dipromosikan ke tingkat nasional bahkan internasional, salah satunya melalui Kalbar Food Festival ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, Kalbar Food Festival menjadi dapat wadah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ia turut mengajak para pelaku usaha di sektor kuliner, industri UMKM Pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menyukseskan Kalbar Food Festival.

“Kita juga berharap Kalbar Food Festival ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya untuk mempromosikan sekaligus melestarikan kuliner khas Kalbar,” harapnya.

Baca Juga :  UPT PPD Sambangi Pengunjung Warkop di Reformasi Pontianak, Ajak Pemuda Taat Bayar Pajak

Di tempat yang sama, Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, tujuan diselenggarakannya Kalbar Food Festival tersebut untuk memperkenalkan 17 subsektor ekonomi kreatif, termasuk diantaranya subsektor kuliner. Lewat event tersebut, pihaknya juga ingin agar kuliner khas Kalbar dapat semakin dikenal secara luas.

“Kita mau kuliner-kuliner yang ada di Kalbar dikenal bukan hanya wisatawan yang ada di Kalbar tetapi juga wisatawan nusantara bahkan wisatawan mancanegara,” harap Windy.

Disamping itu, dirinya pun berharap lewat Kalbar Food Festival akan membantu para pelaku industri pariwisata, industri ekonomi kreatif dan UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian di Kalbar. Ia mengajak masyarakat luas agar datang dan meramaikan Kalbar Food Festival.

“Silahkan masyarakat Kalbar untuk datang kesini bukan hanya kuliner tetapi subsektor lain juga ada dan tentunya dengan berbagai macam pertunjukan yang disajikan disini,” ajak Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment