Fix, Kamaruzaman Jabat PJ Bupati Kubu Raya, Suherman Pj Bupati Sanggau

KalbarOnline, Pontianak – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian telah memutuskan untuk mengangkat Syarif Kamaruzaman sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, dan Suherman sebagai Pj Bupati Sanggau.

Kabar tersebut baru disampaikan Pj Gubernur Kalbar, Harisson malam tadi, sekitar pukul 21.00 Wib.

“Jadi kami sudah mendapat SK dari Mendagri tentang pengangkatan Pj Bupati Kubu Raya, dan Pj Bupati Sanggau malam ini,” ungkap Harisson kepada KalbarOnline.

Secara resmi, keputusan penunjukan dan pengangkatan keduanya tertuang pada dua SK yang berbeda. Untuk Syarif Kamaruzaman, yakni didasari pada SK Mendagri Nomor 100.2.1.3-575 Tahun 2024. Sementara penunjukan dan pengangkatan Suherman, tertuang dalam SK Mendagri Nomor 100.2.1.3-574 Tahun 2024.

Baca Juga :  Puluhan Ribu Warga Pontianak dan Kubu Raya Tumpah Ruah Padati Puncak Millenial Road Safety Festival

Sebagai informasi, baik Syarif Kamaruzaman maupun Suherman, keduanya merupakan pejabat di Pemerintahan Provinsi Kalbar. Di mana Kamaruzaman saat ini merupakan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Provinsi Kalbar. Sedangkan Suherman, selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Kalbar.

Suherman (kanan) bersama Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. (Foto: Istimewa)
Suherman (kanan) bersama Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. (Foto: Istimewa)

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa terdapat dua kepala daerah di dua kabupaten di Kalbar yang akan berakhir masa jabatannya pada 17 Februari ini. Masing-masing kepala daerah itu yakni Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019 – 2024, Muda Mahendrawan dan Sujiwo, serta Bupati Sanggau yang kini dijabat oleh Yohanes Ontot.

Baca Juga :  Klasemen Lengkap Pekan Pertama Shopee Liga 1 2020

Harisson menjelaskan, untuk pelantikan kedua Pj Bupati tersebut akan dilakukan pada Senin 19 Februari 2024. Alasan pelantikan tidak dilaksanakan tepat di masa berakhirnya jabatan kedua bupati, karena bertepatan dengan hari libur.

Sementara untuk mengisi beberapa hari kekosongan, mulai dari 17 Februari 2024 hingga pelantikan 19 Februari 2024, kedua kabupaten tersebut akan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, yaitu sekretaris daerah (sekda) masing-masing.

“Jadi sampai pelantikan (Pj) Senin nanti, Kabupaten Kubu Raya dan Sanggau sementara dipimpin Plt Bupati,” kata Harisson. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment