Devy Harinda Hadiri Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional se-Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda bidang Administrasi Umum, Devy Harinda menghadiri puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 se-Kalimantan Barat tahun 2024, di halaman Kantor Bupati Ketapang, Sabtu (27/01/2024).

Dengan mengangkat tema “Aksi Bergizi Akbar 3000 Siswi Cegah Stunting”, HGN ini menampilkan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya, senam bersama, sarapan pangan lokal, penyuluhan gizi, dan aksi serentak minum Tablet Tambah Darah (TTD) dan Skrining HB (Anemia).

Bupati Ketapang dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Feria Kowira mengatakan, bahwa peringatan Hari Gizi Nasional ini tidak terlepas dari isu masalah stunting.

Baca Juga :  Seluruh Fraksi DPRD Ketapang Setujui Raperda APBD 2021 Jadi Perda

“Upaya kita dalam pencegahan stunting sudah berjalan, baik program dari pemerintah daerah atau instansi yang terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa stunting masih menjadi persoalan besar yang mendesak untuk diselesaikan bersama.

“Stunting tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada kesehatan, hingga kemampuan berpikirnya,” jelasnya.

Oleh karena itu, melalui aksi bergizi akbar ini, Bupati Ketapang berharap akan timbul keinginan dan kesadaran remaja untuk turut berpartisipasi aktif dalam mempercepat penurunan stunting.

Baca Juga :  Rakor Percepatan Penurunan Stunting Ketapang, Martin Rantan: Masih Perlu Kerja Keras

“Saya harap program ini terlaksana dengan baik dan berkelanjutan di sekolah, serta menginspirasi banyak pihak lain di Kabupaten Ketapang bahkan Provinsi Kalimantan Barat untuk ikut berkontribusi nyata dalam menurunkan angka stunting,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam acara puncak HGN ke-64 tersebut secara simbolis dilakukan pelepasan balon ke udara dan foto bersama. Kegiatan tersebut bertambah meriah karena dihibur dengan penampilan grup band asal Kabupaten Ketapang.

Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan fasilitator duta gizi dan lain-lain. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment