Pj Gubernur Kalbar Resmi Buka Kick Off Program Sinita Penjaga Ibu Jari di Posyandu Mekar Rindang

KalbarOnline, Kubu Raya – Pj Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka secara resmi kick off program Sinergitas Organisasi Wanita Dalam Peningkatan Pengetahuan Gizi Keluarga, Ibu dan Remaja Putri (Sinita Penjaga Ibu Jari) di Posyandu Mekar Rindang, Desa Ambawang Kuala, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Jumat (08/12/2023).

Program yang berpusat pada gerakan pencegahan dan penanganan stunting di posyandu tersebut dihadiri oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Windy Prihastari dan para pengurus dari Organisasi Persatuan Istri Forkopimda Kalbar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat di dalam penyelenggaraan gerakan ini,” kata Harisson dalam sambutannya.

Dirinya berharap, kegiatan dapat menjadi wujud nyata dari upaya untuk menurunkan angka prevalensi stunting dengan target 14% di tahun 2024 dan juga mencegah terjadinya stunting dan balita wasting di masa yang akan datang.

Sebagaimana diketahui, stunting adalah merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang dan kurang stimulasi.

Stunting dipengaruhi oleh status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, ekonomi, budaya, maupun faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan.

Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia tahun 2021, terdapat kurang lebih ada 5 juta anak Indonesia yang mengalami stunting. Sementara berdasarkan data E-PPGBM pada triwulan 3 tahun 2023, angka stunting di Kalbar telah mencapai 15,3%, di mana Kabupaten Kubu Raya mencatat angka prevalensi stunting sebesar 12%.

Baca Juga :  Dapat Bantuan Mesin WGS, Dirjen P2P Kemenkes: Komitmen Kalbar Luar Biasa

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, organisasi profesi, pihak swasta dan masyarakat,” sebut Harisson.

Ia memaparkan, bahwa salah satu faktor penyumbang stunting adalah ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK) serta bayi dengan berat badan lahir rendah. Di Kabupaten Kubu Raya, berdasarkan data E-PPGBM pada triwulan 3 tahun 2023, persentase ibu hamil yang mengalami KEK sebesar 10,2% dan bayi dengan berat badan lahir rendah sebesar 4,1%.

“Melihat data tersebut, pemberian makanan bergizi seimbang menjadi faktor paling penting dalam upaya pencegahan stunting. Banyak masyarakat yang belum memahami hal tersebut,” tutur Harisson.

Tak hanya itu, kesadaran masyarakat akan pentingnya menimbang balita mereka ke posyandu masih di bawah target indikator kinerja gizi yaitu 85%. Menurut data E-PPGBM pula, persentase balita ditimbang berat badan (D/S) di Provinsi Kalimantan Barat pada triwulan 3 tahun 2023 hanya sebesar 49,5%, dan Kabupaten Kubu Raya sebesar 62,2%.

Oleh karenanya, menurut Harisson, posyandu yang merupakan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) merupakan wadah yang strategis dalam upaya promotif dan preventif dalam penurunan stunting. Posyandu menjadi potensi besar dan luar biasa yang harus direvitalisasi dalam upaya pemerintah mengatasi masalah kesehatan dan gizi.

Baca Juga :  Senang Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan, Sutarmidji: Akan Ada Percepatan Infrastruktur dan Ekonomi

“Saya berharap seluruh kader posyandu mulai saat ini harus bergerak dan mengambil peran aktif membantu pemerintah dalam menurunkan prevalensi stunting. Kader posyandu adalah ujung tombak pemerintah di tingkat desa dan kelurahan yang membantu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait masalah kesehatan dan gizi,” terangnya.

Selain itu, Harisson juga meminta seluruh pihak berkomitmen untuk merapatkan barisan dan bergerak bersama mengatasi masalah kesehatan di Kalimantan Barat. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, ia juga berharap, dapat menjadi salah satu momen kebersamaan mengambil peran masing-masing, untuk peduli dan berupaya terhadap penurunan dan pencegahan stunting.

“Dengan berkolaborasi optimal seluruh stakeholder, maka upaya pemerintah untuk menurunkan stunting menjadi 14% betul-betul terwujud,” kata dia.

Dalam kick off tersebut, turut dilakukan penyuluhan gizi, demo masak bergizi, dan penyerahan bantuan sosial dalam rangka pengendalian inflasi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XII/Tanjungpura, Ketua Persit Dharma Pertiwi Daerah L, Ketua Bhayangkari Kepolisian Daerah Kalbar, Ketua Persit AURI Adhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio, Ketua Persit Korcab XII Jalasenastri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kalbar dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Kalbar serta sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment