Bupati Kapuas Hulu Tutup Festival Budaya Kayaan Mendalam Tahun

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menutup secara resmi Festival Budaya Kayaan Mendalam di Desa Datah Diaan, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Sabtu (18/11/2023) malam.

Penutupan tersebut dihadiri ribuan masyarakat dan berlangsung meriah dengan suguhan pertunjukan kebudayaan Kayaan Mendalam. Masyarakat yang hadir juga dihibur Dj Jon Delonge feat Angy Lay, serta beberapa artis lokal lainnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan, bahwa Festival Budaya Kayaan Mendalam telah berlangsung sejak tanggal 15 hingga 18 November 2023. Dalam kegiatan ini kalangan anak-anak sampai orang tua terlibat aktif.

“Melihat kegiatan ini saya senang sekali,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis itu menyampaikan, bahwa ada kebudayaan yang sudah lama tidak terlihat di Suku Dayak Kayaan Mendalam, tetapi lewat kegiatan ini, para orang tua bisa mempertunjukkannya dan bisa mentransfer pengetahuan budaya tersebut ke anak-anak.

Baca Juga :  Safari Ramadhan ke Masjid Al-Anshor Desa Pala Pulau, Wakil Bupati Kapuas Hulu Serahkan Bantuan ke Masyarakat

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat di kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik, terutama pihak keamanan,” ucapnya.

Ada sembilan jenis perlombaan yang dipertunjukkan masyarakat Kayaan Mendalam di kegiatan ini. Kepada peserta yang menang dan belum menang, Bupati mengajak agar semuanya semakin semangat mengembangkan kemampuannya.

“Modernisasi dan budaya harus kita padukan agar menjadi potensi besar untuk mendorong pariwisata Kapuas Hulu,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalankan Tanggung Jawab Sosial, Bumi Raya Group Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu dan Dhuafa

Dayak di Kapuas Hulu, lanjut Bupati Sis, sangat banyak sub sukunya, ada 22 sub suku Dayak yang eksis saat ini, selain itu banyak juga suku bangsa lain di Kapuas Hulu. Perbedaan ini hendaknya bisa dipadukan dan membuat Kapuas Hulu semakin berwarna dengan ragam budaya.

“Banyak festival dan kegiatan yang diadakan dari suku-suku yang ada, ini harus kita pertahankan terus di Kapuas Hulu,” tuntas Bupati Sis

Hadir Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, kepala OPD dan undangan lainya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment