Pemkab Kayong Utara Serahkan Sertifikat Tanah Pembangunan Unit Siaga SAR kepada Basarnas

KalbarOnline, Kayong Utara – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melakukan penyerahan hibah berupa tanah yang berlokasi di Kecamatan Teluk Batang untuk pembangunan Unit Siaga SAR kepada Badan SAR Nasional (Basarnas).

Secara seremonial, penyerahan itu dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya kepada Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, di Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta, Rabu (01/11/2023).

Dalam kesempatannya, Pj Bupati Romi mengatakan penyerahan hibah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan keamanan dan meminimalisir korban bencana khususnya di Kecamatan Teluk batang dan sekitarnya.

Romi menilai, keberadaan petugas Unit Siaga SAR di Kabupaten Kayong Utara sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat terutama yang beraktivitas di sungai dan laut.

Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya audiensi bersama Basarnas, di Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta, Rabu (01/11/2023). (Foto: Prokopim/Santo)
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya audiensi bersama Basarnas, di Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta, Rabu (01/11/2023). (Foto: Prokopim/Santo)

“Kami berterima kasih sebenarnya, karena pihak Basarnas sejak tahun 2021 sudah ada petugas unit siaga di sana dan itu memang sangat membantu kami terutama masyarakat yang aktivitasnya melewati sungai dan laut. Ini sangat riskan dengan kecelakaan tentunya keberadaan unit siaga SAR sangat membantu sekali minimal dapat memberikan rasa aman,” ungkap Romi Wijaya.

Baca Juga :  Satu CJH Asal Kabupaten Kubu Raya Batal ke Tanah Suci, Ini Alasannya

Untuk itu, dirinya berharap, dengan hibah tanah kepada Basarnas ini di Kabupaten Kayong Utara tidak hanya memiliki Unit Siaga SAR namun bisa tingkatkan menjadi Pos SAR.

“Dan mudah-mudahan nanti di sana bukan hanya unit siaga namun harus bisa ditingkatkan menjadi Pos SAR yang tentunya harus didukung semua pihak terkait sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa optimal,” ucap Romi.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo menyambut baik kedatangan Pj Bupati Kayong Utara serta mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

Baca Juga :  Harisson Nyatakan Kalbar Cukup Siap Hadapi Gelombang Covid
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya foto bersama Basarnas, di Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta, Rabu (01/11/2023). (Foto: Prokopim/Santo)
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya foto bersama Basarnas, di Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jakarta, Rabu (01/11/2023). (Foto: Prokopim/Santo)

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan untuk bisa memperlancar tugas dan tanggung jawab kita sebagai abdi negara—tentunya keterbatasan baik personel maupun sarana dan prasarana yang Alhamdulillah bisa difasilitasi,” kata Marsekal TNI Kusworo.

“Semoga dukungan ini menjadi keberkahan bagi kita, terima kasih bapak Pj Bupati dan jajaran pemerintah Kabupaten Kayong Utara,” tambahnya.

Turut hadir pula Kepala SAR Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, I Made Junetra dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kayong Utara, Rahadi didampingi Kepala BPN Kabupaten Kayong Utara, Sigit Aribowo.

Diakhir acara, Pj Bupati Kayong Utara juga menyerahkan cinderamata berupa plakat dan kopi liberika kayong utara kepada Kepala Basarnas. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment