Pemkab Kayong Utara Lakukan Ground Check Banjir di Dusun Jelutong Simpang Hilir

KalbarOnline, Simpang Hilir – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kayong Utara pada Selasa (16/04/2024) malam hingga Rabu (17/04/2024) pagi mengakibatkan banjir di Dusun Jelutong, Desa Matan, Kecamatan Simpang Hilir. Banjir ini menyebabkan kurang lebih 70 rumah terendam dengan ketinggian air mencapai 5 – 10 Cm di dalam rumah dan halaman rumah warga.

Menanggapi peristiwa ini, Penjabat Bupati Kayong Utara melalui PLT Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara, Dhoni Brema melakukan kunjungan ke Dusun Jelutong pada Kamis (18/04/2024) untuk melakukan ground check dan memantau situasi pasca banjir.

“Kami datang ke sini untuk melihat langsung kondisi pasca banjir dan memastikan bahwa semua warga dalam keadaan aman,” ujar Dhoni.

Baca Juga :  Musda Paguyuban Jawa, Pj Bupati Romi: Menambah Warna Dalam Keberagaman Budaya
BPBD Kayong Utara saat melakukan ground check ke Dusun Jelutong, pada Kamis (18/04/2024). (Foto: Dok Istimewa)

Dhoni menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk PT CUS yang beroperasi di sekitar lokasi banjir, untuk mencari solusi permanen dalam mengatasi masalah ini.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk mencari solusi terbaik agar banjir tidak terulang kembali di masa depan,” tambah Dhoni.

Sementara itu, Ketua RT 09 Dusun Jelutong, Iwan menuturkan, bahwa banjir di wilayahnya sudah terjadi 3 kali selama kurun waktu tahun 2024, dan kejadian kali ini adalah yang terparah.

BPBD Kayong Utara saat melakukan ground check ke Dusun Jelutong, pada Kamis (18/04/2024). (Foto: Dok Istimewa)

“Banjir ini sangat mengganggu aktivitas warga. Kami berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan masalah ini,” kata Iwan.

Baca Juga :  Pemkab Kayong Utara Gelar Upacara Peringatan HUT Korpri ke-52 Tahun 2023

Tim TRC BPBD Kayong Utara telah melakukan beberapa langkah untuk menangani banjir di Dusun Jelutong, untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait serta pengecekan lokasi banjir, memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

BPBD Kayong Utara saat melakukan ground check ke Dusun Jelutong, pada Kamis (18/04/2024). (Foto: Dok Istimewa)

BPBD Kayong Utara mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi banjir, terutama saat musim hujan.

Unsur yang terlibat ground check banjir Desa Matan, Dusun Jelutong, Simpang Hilir diantaranya TRC BPBD Kabupaten Kayong Utara, Perwakilan Humas PT CUS, Ketua RT 09 Dusun Jelutong, masyarakat sekitar Dusun Jelutong. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment