Seriusnya Perhatian Pemkab Ketapang, Keluarga Panglima Tentemak Ucapkan Terima Kasih

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangkaian Napak Tilas Kabupaten Ketapang tahun 2023, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang bersama jajaran Forkopimda, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson dan Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief melakukan ziarah makam Pahlawan Panglima Tentemak di Desa Pengatapan, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Rabu (25/10/2023).

Forkopimda yang diwakili Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang, RA Dhini Ardhany menerangkan, bahwa sosok Panglima Tentemak merupakan salah satu panglima pasukan pimpinan Uti Usman yang ditugaskan untuk menghadang pasukan Belanda di Sungai Limat.

Mengetahui kecakapan dan keterampilan pasukan Uti Usman, Belanda menugaskan Kapten Frederick Alexander Brands, seorang perwira senior dengan 7 bintang jasa. Tepat tanggal 22 Mei 1914, Panglima Tentemak wafat sebagai kusuma bangsa.

“Sejarah mencatat bahwa beliau telah mendarmabaktikan hidup dalam perjuangan sebagai simbol perlawanan terhadap penjajahan untuk mewujudkan kemerdekaan yang menjadi pemicu serta sumber inspirasi bagi seluruh masyarakat di seluruh pelosok daerah, untuk bangkit bersatu demi membela serta merebut kemerdekaan walaupun mengorbankan jiwa dan raga,” ujar Dhini.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Menyemut di Balai Sungai Kedang, Saksikan Harisson Tutup Festival Kreativitas Pemuda-Napak Tilas Ketapang 2023

Dirinya mengajak masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Ketapang untuk menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini, dengan ini permasalahan yang melanda bangsa dapat teratasi.

“Marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

“Semoga kegiatan ziarah akbar ini tidak hanya dilakukan saat kegiatan Napak Tilas tahun 2023 tetapi kami berharap dapat diagendakan rutin setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang,” tutup Dhini.

Sementara itu, perwakilan keluarga Panglima Tentemak, Mahrudin berterima kasih kepada pemerintah daerah karena telah melakukan pemugaran atau pembangunan makam dan pembangunan tugu pahlawan.

Baca Juga :  Sat Narkoba Polresta Pontianak Amankan Pengedar Antar Provinsi, Bawa 1 Kg Sabu

“Ini merupakan suatu kebanggaan kami khususnya ahli waris, bahwa betapa seriusnya pemerintah Kabupaten Ketapang telah memperingati, menghargai para pejuang-pejuang kita yang dengan susah payah bahkan mengorbankan nyawanya untuk melawan pemerintahan khususnya para penjajah Belanda pada saat itu,” ucapnya.

Pihak keluarga turut merasa bangga dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang, hal ini dapat membuat pencerahan dan pengingat kepada generasi muda agar selalu menghargai jasa para pahlawan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa para pahlawannya, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah banyak membantu dalam pembangunan ini. Semoga amal ibadah yang dilakukan mendapatkan pembalasan yang baik dari Allah Subhanahu wa ta’ala,” tutup Mahrudin. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment