Peringatan HSP ke-95, Disporapar Kalbar Gelar Berbagai Event Sosial Sepanjang Oktober

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar berbagai kegiatan sosial yang melibatkan para pemuda. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang Oktober 2023 dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95.

Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menyampaikan, bahwa kegiatan ini sejalan dengan tema nasional HSP, yakni “Bersama Majukan Indonesia”. Kemudian juga tema HSP tingkat Provinsi Kalbar, yaitu “Pemuda Kalbar Maju, Bersama Untuk Indonesia”.

Kegiatan pertama dimulai sejak 3 Oktober lalu, yakni sertifikasi profesi barista untuk para pemuda. Dalam sertifikasi barista itu, Disporapar Provinsi Kalbar bekerja sama dengan lembaga sertifikasi profesi, BNSP.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing barista di Kalbar,” kata Windy, Minggu (15/10/2023).

Kemudian, terdapat pelatihan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitasi sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja bidang pariwisata, yang digelar pada 17 – 18 Oktober 2023.

Agenda tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pemandu wisata tentang kepariwisataan, serta tata cara pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke destinasi yang ada di Kalbar.

“Lewat agenda tersebut kita harapkan juga dapat mewujudkan pemandu wisata sertifikasi nasional,” katanya.

Selain itu juga ada agenda Mbak Kepo Goes To School yang digelar 19 Oktober 2023 di SMKN 1 Pontianak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi atau pengenalan destinasi wisata kepada siswa siswi.

“Dalam agenda ini kami akan menyampaikan program dan promosi dalam pariwisata yang ada di Kalbar ke sekolah-sekolah. Kami berharap para pemuda ini bisa ikut mensosialisasikan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kalbar tentunya dengan gaya milenial pemuda,” jelasnya.

Di hari yang sama, juga digelar event desa wisata sadar remaja dan gerakan bersih-bersih lingkungan. Agenda tersebut merupakan kolaborasi antara Genre Kalbar bersama Disporapar Kalbar diadakan di Desa Wisata Kampung Caping Pontianak.

Event desa wisata sadar remaja tersebut bertujuan menumbuhkan pemahaman remaja akan arti pentingnya mengembangkan pariwisata di desa wisata yang dapat dikelola menjadi sumber mata pencaharian dan meningkatkan pendapatan.

Baca Juga :  Harisson Dorong Produk Unggulan Kalbar Masuk Pasar Malaysia

Kemudian kegiatan bakti sosial lainnya, yakni anjangsana ke Panti Asuhan Hidayatul Muslimin dan Panti Asuhan Alma pada 21 Oktober. Pada hari yang sama, juga dilaksanakan coaching clinik olahraga berprestasi bagi pelajar dan pemuda di Halaman SSA Pontianak, dengan peserta 2.500 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan perguruan tinggi.

Lewat agenda tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pelajar dan mahasiswa tentang olahraga prestasi. “Lalu mewujudkan atlet pelajar yang memiliki prestasi sesuai kecabangannya dengan tidak mengabaikan akademik, dan kesehatan serta memasyarakatkan program, Masyarakat Kalbar Bugar Ayo Olahraga,” jelasnya.

Selanjutnya, terdapat kegiatan Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar, peluncuran Kalbar Connect dan donor darah yang akan dilaksanakan pada 24 Oktober 2023, di Aula Garuda, Kantor Gubernur Kalbar. Kegiatan ini akan diisi dengan dialog interaktif untuk mengajak pemuda Kalbar peduli stunting dan kesehatan reproduksi.

Dalam kesempatan itu, juga akan hadir dokter-dokter yang berkompeten, untuk memberikan sosialisasi, terutama dalam rangka mencegah stunting bagi para remaja dan pemuda, sebelum memasuki usia pernikahan.

“Peran aktif pemuda dalam membangun Kalbar dapat diwujudkan melalui pengetahuan dan pemahaman tentang pencegahan stunting dan kesehatan reproduksi sejak dini,” katanya.

“Masalah stunting menjadi penting karena berpotensi mengganggu potensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan berhubungan dengan tingkat kesehatan bahkan kematian anak,” tambah Windy.

Tak hanya itu, dalam acara Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar yang diperkirakan menghadirkan peserta sebanyak 250 orang itu, juga diadakan donor darah di Aula Enggang serta ada pula peluncuran Kalbar Connect yang diinisiasi oleh Disporapar Kalbar.

Kalbar Connect sendiri dibuat sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap anak muda Kalbar, bahwa pemuda Kalbar bisa dan layak untuk berkiprah di kancah nasional maupun internasional. Dengan harapan, dapat tercipta berbagai peluang di bidang pendidikan, pelatihan, kerja, dan keterlibatan dalam kegiatan sosial, dan inovatif.

Baca Juga :  3 Ribu Aparat Gabungan Siap Amankan Lebaran di Kalbar

Lewat Kalbar Connect itu juga, para pemuda yang ingin turut berpartisipasi dalam membangun daerah bisa ikut berkomunikasi.

“Ini akan menampung aspirasi dari para pemuda Kalbar yang ada di luar Kalbar yang mana mereka ingin ikut membangun Kalbar mereka akan berkomunikasi dalam satu media yang kami namakan Kalbar Connect,” terangnya.

Selanjutnya, ada juga program Kado Ceria untuk Pejuang Kanker dan Penyandang Thalasemia yang diadakan di RSUD Soedarso pada 25 Oktober.

Dalam rangkaian peringatan HSP, Disporapar Kalbar juga menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sertifikasi profesi fotografer yang bakal dilaksanakan pada 24 – 25 Oktober. Kemudian ada Bimtek kewirausahaan pemuda yang akan berlangsung pada 24 – 26 Oktober, dengan tujuan memberikan dan meningkatkan pengetahuan, serta wawasan pemuda tentang wirausaha pemula.

“Kami mendorong kalangan muda untuk berwirausaha,” ujarnya.

Selain kegiatan bakti sosial tadi, Windy juga mengajak anak muda Kalbar ikut memeriahkan Pentas Kreasi Pemuda 2023 yang digelar di Halaman Kantor Gubernur, pada 28 Oktober 2023. Acara puncak HSP ke-95 itu bakal diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Antara lain ada lomba Fashion Show Casual x Etnik, lomba Modern Dance x Tradisional, Cosplay Tema Perjuangan, dan Pameran Kreasi Pemuda.

“Kami mengajak anak-anak muda di Kalbar untuk ikut memeriahkan seluruh kegiatan yang digelar dalam rangka HSP 2023 ini,” ajaknya.

Selain itu, Disporapar Kalbar juga telah dan akan melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan HSP 2023. Total ada belasan event yang digelar selama bulan Oktober ini, dengan melibatkan para pemuda-pemudi se-Kalbar.

Lalu agenda terakhir ada upacara peringatan HSP ke-95 yang digelar pada 29 Oktober 2023. Upacara yang diadakan di Halaman Kantor Gubernur Kalbar itu, bakal diikuti sebanyak 1.350 orang, terdiri dari peserta, tamu undangan, dan petugas pendukung upacara lainnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment