Bupati Kapuas Hulu Tinjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut – Nanga Saray

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas Hulu, Marthen meninjau pembangunan Jalan Simpang Sayut Kecamatan Putussibau Selatan – Nanga Saray Kecamatan Kalis, Sabtu (16/09/2023).

Setelah meninjau pekerjaan ruas jalan tersebut, bupati dan rombongan mengunjungi masyarakat di Dusun Nanga Saray, Desa Tapang Daan.

“Ini bukan kunjungan formal, kami meninjau jalan sekaligus ketemu masyarakat di sini untuk bersilaturahmi,” katanya.

Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis itu menyampaikan, bahwa dirinya turut memberi tahu masyarakat terkait pembangunan yang sedang berjalan dan sedang diusulkan ke pemerintah pusat.

“Untuk pembangunan Jalan Sayut – Nanga Saray itu ada pembangunan jembatan box, pengaspalan, penimbunan. Itu dari DAK Pemda Kapuas Hulu besarnya Rp 12 miliar,” ujar Bang Sis.

Baca Juga :  Meski Sudah Zona Hijau, Wabup Kapuas Hulu Imbau Masyarakat Tetap Vaksinasi dan Jaga Prokes

“Hanya saja dari dana itu baru bisa ditangani di depan jalan saja. Sebab pembangunan jalan yang standar sampai aspal itu Rp 6 miliar per kilometernya, lalu jarak dari Sayut ke Nanga Saray sepanjang 13 Km,” sambungnya.

Ia menyampaikan, Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus sempat singgah dan meninjau jalan Sayut – Nanga Saray. Dari program Inpres, Pemkab Kapuas Hulu juga telah menyampaikan soal konektivitas jalan daerah ke jalan nasional kepada keduanya.

Dari usulan itu, kata Sis, kemungkinan ada penambahan peningkatan jalan dari Kementerian PUPR RI di Ruas Jalan Sayut – Nanga Manday.

“Semoga bisa sampai aspal dan penggusuran ke arah Nanga Manday. Ini anggaran selanjutnya Rp 32 miliar yang akan dikucurkan lewat Inpres. Ini wujud kepedulian kami untuk masyarakat di Desa Tapang Daan dan sekitarnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Serahkan 7.018 Sertifikat Tanah Warga Selimbau, Fransiskus Diaan: Gunakan Sebaik Mungkin

Ia meyebut, dari pembangunan jalan ini tentu bisa membuka pembangunan lain, misalkan PLN. Tapang Daan sudah masuk perencanaan pembangunan di PLN. Lalu tahun ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu juga ada pembangunan sekolah.

“Di sisi lain sudah ada tower BTS, semoga kedepan bisa aktif,” ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu berpesan kepada masyarakat untuk membantu supaya program pembangunan bisa berjalan lancar. “Komunikasikan semua secara baik,” tuntas bupati. (Ishaq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment