113 Atlet Pelajar Kalbar Siap Berlaga di Popnas, Windy: Optimis Bisa Masuk 10 Besar

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 113 atlet pelajar yang tergabung dalam kontingen Kalimantan Barat (Kalbar) akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada 26 Agustus sampai 4 September 2023.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, 113 atlet utusan Kalbar ini merupakan hasil dari Pra Popnas 2022 di Provinsi Lampung, dan juga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalbar 2023 yang didakan pada Juni lalu.

“Kontingen Popnas Kalbar yang dikomandoi oleh Disporapar Kalbar akan mengikuti 16 cabang olahraga (cabor) dari 22 cabor yang dipertandingkan,” ungkapnya kepada awak media, Jumat (25/082023).

Adapun 16 cabor yang akan diikuti tersebut, antara lain bola basket, voli indoor, pencak silat, tinju, bulutangkis, dan renang. Kemudian juga ada cabor karate, balap sepeda, wushu, panjat tebing, taekwondo, menembak, atletik, kempo, angkat besi, dan panahan.

Baca Juga :  Tim DVI Polda Kalbar Ambil 10 Sampel DNA Keluarga Korban Sriwijaya Air

“Dengan membawa motto berprestasi untuk daerah, para atlet bertekad (bisa) meraih hasil terbaik dan membawa medali emas untuk Kalbar,” harapnya.

Lebih lanjut Windy menjelaskan cabor-cabor tersebut telah dibagi menjadi tiga, sesuai dengan potensi yang bisa diraih kontingen Kalbar. Mulai dari cabor unggulan dengan cabor atletik, angkat besi, renang, tinju, karate dan pencak silat di dalamnya.

“Cabor unggulan dengan melihat beberapa hasil dari kejurnas, hasil pra popnas, dan popda yang diharapkan besar meraih medali emas dan perak,” terangnya.

Baca Juga :  Kenang Jasa Ibu Negara Fatmawati Soekarno, Windy Ikut Menjahit Bendera Merah Putih

Lalu yang kedua ada cabor produktif, terdiri dari wushu, taekwondo, basket dan voli indoor. Cabor produktif, lanjut dia, menjadi cabor yang diharapkan bisa banyak menopang perolehan medali. Sedangkan yang ketiga ada cabor harapan. Terdiri dari cabor panahan, menembak, kempo, bulutangkis, balap sepeda, dan panjat tebing.

“Jadi cabor harapan merupakan cabor baru yang diikuti Kalbar di popnas, dan mempunyai harapan mendulang medali. Untuk keseluruhan target Kalbar (di Popnas) bisa meraih 7 (medali) emas, dengan capaian masuk 10 besar (nasional),” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment