Milad 17 Tahun, PAUD PKK Pontianak Komitmen Berikan Pendidikan Anak Pra Sejahtera

KalbarOnline, Pontianak – Genap 17 tahun PAUD PKK Pontianak memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini bagi keluarga pra sejahtera di Kota Pontianak.

Bunda PAUD Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menjelaskan, untuk memperingati terbentuknya PAUD PKK Pontianak, pihaknya menggelar rangkaian acara mulai dari memberikan bantuan kepada dua panti asuhan di Kota Pontianak serta lomba mewarnai yang diikuti 640 peserta anak-anak PAUD PKK Kota Pontianak yang tersebar di enam kecamatan di Kota Pontianak.

“Hari ini tepat tanggal 10 Agustus, 17 tahun yang lalu TP PKK Kota Pontianak mendirikan PAUD dengan tujuan memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak pra sejahtera untuk sekolah di jenjang PAUD. Mereka tidak dikenakan biaya sepeserpun,” terang Bunda Yanieta yang juga Ketua TP PKK Kota Pontianak, saat puncak peringatan Milad PAUD PKK Kota Pontianak, di Gedung Pontianak Convention Center, Kamis (10/08/2023).

Melalui puncak peringatan Milad PAUD PKK Kota Pontianak, dirinya ingin mempererat tali silaturahmi antara TP PKK Kota Pontianak dengan para guru maupun orang tua.

Baca Juga :  Pilkada Tangsel, Benyamin-Pilar Utamakan Program Nyata Tanpa SARA  

Ia menyebut, tenaga pengajar PAUD PKK Pontianak berjumlah 65 orang dan merupakan tenaga yang kompeten di bidangnya. Mereka berasal dari latar pendidikan sarjana perguruan PAUD maupun diploma tiga hingga SMA.

“Syarat pendaftaran penerimaan siswa PAUD pun mudah, cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan maupun dari keluarga penerima bantuan PKH,” katanya.

Bunda PAUD Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie melakukan pemotongan tumpeng pada momen puncak peringatan Milad PAUD PKK Kota Pontianak, di Gedung Pontianak Convention Center, Kamis (10/08/2023). (Foto: Indri)
Bunda PAUD Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie melakukan pemotongan tumpeng pada momen puncak peringatan Milad PAUD PKK Kota Pontianak, di Gedung Pontianak Convention Center, Kamis (10/08/2023). (Foto: Indri)

Hingga saat ini, tercatat 30 lembaga PAUD yang berada di bawah naungan TP PKK Kota Pontianak. Dari jumlah tersebut, 10 lembaga diantaranya masih menumpang di pemukiman masyarakat. Yanieta berharap, tahun selanjutnya seluruh lembaga PAUD memiliki fasilitas sendiri, sebagaimana 20 PAUD lainnya. Pada awal mula dibentuknya PAUD PKK Kota Pontianak, terdapat 17 lembaga PAUD yang masih menumpang di rumah masyarakat maupun fasilitas umum.

“Tetapi kami sudah memindahkan 7 lembaga ke tempat sendiri, namun masih tersisa 10 yang belum pindah. Semoga tahun selanjutnya bisa memiliki fasilitas sendiri, supaya bisa terus mewadahi kreativitas, minat dan bakat anak PAUD PKK Kota Pontianak,” ucapnya.

Baca Juga :  Resmi Dibuka, Edi Harap MTQ XXXI Kota Pontianak Hasilkan Juara Berkualitas

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan apresiasinya terhadap lembaga PAUD di bawah naungan PKK Kota Pontianak. Ia berkomitmen untuk memberikan sarana dan prasarana kepada lembaga PAUD PKK Kota Pontianak yang masih menumpang maupun belum layak.

“Bangunannya harus representatif untuk menunjang kurikulum merdeka belajar,” ujarnya.

Edi mengimbau orang tua untuk menyekolahkan anak-anak. Ia optimis, akan muncul pemimpin di masa depan yang berasal dari PAUD PKK Kota Pontianak.

“Jangan sampai ada anak-anak yang tidak sekolah, karena mereka merupakan generasi selanjutnya yang akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan. Anak-anak Kota Pontianak harus cerdas dan sehat,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment