Buka Rakernis 2023, Kapolda Kalbar Minta SDM Polri Profesional

KalbarOnline, Pontianak – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto menyebut bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci penting dalam meningkatkan daya saing untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Oleh karenanya, dibutuhkan peran pembina fungsi SDM yang profesional untuk dapat bekerjasama membangun sinergitas secara menyeluruh dan berkesinambungan dalam proses SDM di tubuh Polri.

Hal ini disampaikannya saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Biro Sumber Daya Manusia Polda Kalbar dengan tema “Mewujudkan SDM Polri Yang Unggul Dan Kompetitif Guna Mendukung Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan”.

“Dalam perubahan situasi global, regional dan nasional yang tidak menentu ini, membawa banyak perubahan budaya dan kegiatan menjadi lebih efektif lagi. Ke depan akan disusun bagaimana blueprint tugas pokok fungsi Kepolisian dalam menghadapi berbagai tantangan, diantaranya bonus demografi, pandemi seperti Covid-19, dampak perang Ukraina-Rusia dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Sayangkan Sikap Kemenhub

Menurutnya, program yang saat ini dilaksanakan ialah program proactive recruitment dalam penerimaan anggota Polri yang mengutamakan prinsip obyektif guna memutuskan habis budaya terdahulu dan sistem kerja yang kurang di masa lampau dengan tujuan memperbaiki secara masif institusi Polri, sehingga tidak ada lagi personel yang sakit menahun, gangguan pada jiwa dan bermental lemah. Bagi anggota yang sudah menjadi personel Polri agar dirawat dan diberikan hak-haknya.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto. (Foto: Indri)
Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto. (Foto: Indri)

Kapolda berharap kepada pengemban fungsi SDM dapat memberikan hak kepada personel untuk menjalankan proses penelusuran dan pengembangan bakat fungsi tugas kepolisian yang sesuai spesifikasi kemampuan personel tiap pribadi.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono Minta Warga Jangan Lengah Meski Covid-19 Melandai

“Berikan pola asuh didik personel yang mendasar dari sejak pendidikan maka para instruktur dan pengajar di SPN harus memang personel yang berkualitas dan begitu juga saat lulusan ini bertugas di wilayah agar diberikan doktrin dan kegiatan yang membangun,” pesannya.

Irjen Pipit juga meminta agar para pengemban fungsi SDM terlebih Kabag SDM dalam memimpin dapat bertanggung jawab dalam memberikan konsep-konsep yang memiliki arah tujuan pada perubahan dan tidak terpaku pada doktrin dan budaya sebelumnya.

Setelah dilaksanakan arahan dan pembukaan Rakernis SDM Polri Tahun 2023 juga dilaksanakan launching proactive recruitment dalam penerimaan Polri di Polda Kalbar. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment