Bina Kerohanian, Lapas Ketapang Gelar Pengajian Rutin di Blok Wanita

KalbarOnline, Ketapang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang menggelar kegiatan pengajian rutin sebagai cara mewujudkan pembinaan kerohanian terhadap seluruh warga binaan, tanpa terkecuali warga binaan perempuan.

Dalam suasana tenang dan khusyuk, pengajian dengan sasaran warga binaan wanita ini dilaksanakan di blok hunian wanita Lapas Ketapang dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an secara bersama-sama dan dengan didampingi petugas, Senin (24/07/2023).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Ketapang, Ali Imran mengatakan, bahwa program pengajian rutin yang dilakukan pada blok sel hunian wanita ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan moral warga binaan.

Baca Juga :  Belum Disanksi? Opera Dining Masih Dapat Peringatan Kedua dari Pemkab Kubu Raya

“Pengajian ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih mendalami ayat-ayat suci Al-Qur’an dan memahami maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Selain membaca, mereka juga diajak untuk merenung dan berintrospeksi diri, serta memperbaiki perilaku dan hubungan dengan sesama,” katanya.

Ali Imran menyebut, pentingnya pembinaan kerohanian dalam proses rehabilitasi bagi warga binaan. Ia mengungkapkan, bahwa membaca Al-Qur’an bukan hanya sekadar kegiatan ritual, tetapi juga memiliki nilai mendalam yang dapat membentuk karakter dan moral seseorang.

Baca Juga :  Dinkes Ketapang Berikan Layanan Pemeriksaan Kanker Serviks dan Vaksinasi ke Warga Binaan Lapas

“Dengan melibatkan para WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) dalam pengajian rutin ini, diharapkan mereka akan semakin dekat dengan nilai-nilai kebaikan, cinta kasih dan perdamaian,” ucapnya.

Ali Imran juga menambahkan, kalau kegiatan pengajian rutin membaca Al-Qur’an ini tidak hanya berdampak pada para WBP saja, tetapi juga memperkuat rasa solidaritas dan persatuan di antara mereka.

“Mereka saling mendukung dan mendorong dalam perjalanan pembinaan kerohanian mereka,” tutupnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment